5 Obat Polip Hidung Resep Dokter dan Bahan Alami yang Perlu DIketahui

Polip hidung adalah peradangan kronis yang umumnya disebabkan oleh adanya riwayat infeksi, asma, gangguan imun tubuh, serta alergi terhadap obat tertentu. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan obat polip hindung dari dokter atau menggunakan bahan alami yang aman.

Polip hidung ini memiliki ukuran beragam, ada berukuran kecil, ada juga yang lebih besar dan banyak. Polip ini dapat menutup hidung sehingga membuat pernapasan terganggu. Kemudian, Anda bisa jadi kehilangan kemampuan menghirup udara dan rentan infeksi.

Untuk mendapatkan obat polip hidung yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Obat Polip Hidung Rekomendasi Dokter

Meski dapat mengganggu jalan pernapasan, polip hidung ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, lunak, dan tidak memicu terjadinya kanker. Polip hidung memang tidak berbahaya, namun keberadaannya dapat mengganggu pernapasan. Sehingga mengobatinya adalah hal yang harus dilakukan.

Berikut adalah beberapa obat polip hidung yang biasanya direkomendasikan oleh dokter tanpa melakukan operasi, yaitu:

  • Obat Kortikosteroid Hidung

Obat yang berbentuk semprotan ini berguna untuk mengurangi iritasi, peradangan, dan pembengkakan. kortikosteroid ini akan membantu mengecilkan ukuran polip, bahkan dapat hilang sama sekali.

Obat ini baru akan memberikan efek biasanya setelah digunakan 1-2 minggu. Penggunaannya mungkin akan disarankan setidaknya hingga 4-6 minggu.

Cara menggunakan obat polip hidung ini cukup mudah. Atur posisi yang benar, yaitu berbaring telentang di kasur dengan kepala dan leher melewati tepi kasur. Jadi posisi kepala Anda seperti mendongak. Kemudian, semprotkan obat kortikosteroid ini ke dalam hidung dan tunggulah hingga 3-4 menit hingga benar-benar masuk ke lubang hidung keseluruhan.

Obat kortikosteroid ini ada beberapa jenisnya, seperti budesonide, fluticasone, triamcinolone, mometasone, ciclesonide, dan juga beclomethasone.

Setiap obat tentu saja memiliki efek samping, begitu juga dengan obat ini. Pengguna bisa mengalami efek seperti mimisan, iritasi di dalam hidung, hingga sakit tenggorokan.

  • Obat Kortikosteroid Oral Berupa Tablet

Selain obat kortikosteroid hidung, ada juga untuk oral. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan kortikosteroid oral ini pada penderita polip hidung. Bisa digunakan sendiri, atau digunaan bersamaan dengan kortikosteroid hidung. Hanya saja, penggunaan kortikosteroid oral ini tidak bisa digunakan dalam jangka panjang karena efek sampingnya cukup serius, yaitu penurunan berat badan.

  • Obat Imunomodulator

Obat polip hidung yang satu ini menargetkan sistem imun tubuh manusia. Obat ini bernama dupilomab yang merupakan imunomodulator yang akan diberikan dokter jika polip hidung yang dialami adalah kronis.

  • Suntik Kortikosteroid

Jika ukuran polip hidung yang dialami sudah cukup besar dna menyebabkan peradangan, biasanya akan diberikan suntik kortikosteroid. Efek sampingnya berupa sakit tenggorokan, mimisan, dan sakit kepala.

  • Obat Polip Hidung Lainnya

Selain obat polip hidung tersebut, ada juga obat yang mungkin diresepkan oleh dokter. Obat ini biasanya untuk mengobati kondisi yang menyertai penyakit tersebut, misalnya ada nyeri, infeksi, alergi, dan sebagainya.

Obat Polip Hidung Alami

Ada juga obat polip hidung yang bisa didapat dari bahan-bahan alami yang mudah ditemui. Hanya saja, pengobatan rumahan ini hanya mampu meringankan gejala dan rasa tidak nyaman untuk sementara waktu saja.

Obat polip hidung alami ini sebenarnya juga masih butuh riset lebih lanjut sehingga Anda diharuskan lebih berhati-hati menggunakannya. Bahkan Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

  • Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil dapat mengatasi polip hidung yang dialami. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak pelarut seperti minyak almond atau zaitun. Jika sudah diaduk merata, celupkan kapas bersih yang dibahasi dengan air, lalu letakkan di hidung.

  • Jahe

Jahe memang terkenal dapat mengurangi peradangan, bersifat antibakteri, mengingkatkan imun, dan juga bisa menjadi obat polip hidung. Anda bisa mencampurkan bubuk jahe dalam menu makanan.

  • Bawang Putih

Bawang putih memang punya banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya juga bisa mengobati polip hidung.

  • Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga ampuh jadi obat polip hidung. Sebab, mentol yang terkandung di dalamnya memiliki efek dekongestan yang mampu meringankan gejala ringan polip. Cara penggunaannya juga sama seperti tea tree oil.

  • Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu rempah yang bisa dijadikan obat polip hidung alami. Menurut studinya, kunyit bisa meringankan gejala peradangan dan iritasi di pernapasan.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*