Bakar Kalori Dalam 30 Menit? Ini Manfaat HIIT Lainnya!

Bakar Kalori Dalam 30 Menit? Ini Manfaat HIIT Lainnya!

Tidak sedikit orang yang menginginkan bentuk badan yang ideal,  paling tidak memiliki berat badan yang seimbang dengan tinggi badan yang dimiliki. Namun, pada kenyataannya, sulit sekali membakar kalori dalam tubuh untuk membuat badan lebih terlihat ideal. 

Pun tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk bentuk badan ideal, mulai dari berolahraga, mengatur makanan, hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan tubuh. Namun, apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga berintensitas tinggi selama 30 menit yang membakar banyak sekali kalori dalam tubuh? Yuk, cari tahu tentang olahraga yang dikenal dengan HIIT serta manfaat HIIT lainnya. 

Apa itu HIIT?

HIIT adalah high intensity interval training (HIIT) atau dengan kata lain latihan interval berintensitas tinggi, yaitu olahraga yang memiliki intensitas tinggi dengan jangka waktu yang relatif pendek. Biasanya, olahraga ini dilakukan sekitar 10-30 menit. Meskipun memiliki waktu yang sangat singkat, namun HIIT merupakan olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. 

Bahkan, manfaat HIIT dipercaya memiliki efek dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan olahraga berintensitas sedang lainnya. Jadi, HIIT menawarkan hasil yang lebih mirip dengan latihan kardio namun dalam waktu yang lebih singkat, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya. 

Manfaat HIIT
The American College of Sports Medicine (ACSM), menyatakan bahwa manfaat HIIT dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, tekanan darah, sensitivitas insulin, dan kadar lemak perut. Berbagai penelitian lain pun mengkonfirmasi tentang efek positif dari olahraga ini. Berikut beberapa manfaat lain dari HIIT, di antaranya:

  1. Membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat

Saat Anda melakukan latihan HIIT, Anda akan membakar kalori dalam jumlah yang sama seperti Anda melakukan latihan biasa, seperti lari. Namun, Anda akan lebih banyak membakar kalori setelah latihan HIIT daripada yang Anda lakukan selama latihan kardio, seperti lari, dengan detak jantung yang relatif stabil. 

Misalnya saja, ketika Anda melakukan latihan HIIT selama 30 menit, dan melakukan latihan beban serta bersepeda dalam waktu yang sama, hasilnya Anda membakar kalori lebih banyak 20-30% ketika melakukan HIIT dibandingkan olahraga lainnya seperti lari dan bersepeda. 

  1. Mengurangi lemak tubuh 

Sebuah penelitian menemukan bahwa HIIT dapat menurunkan lemak tubuh lebih banyak daripada latihan kardio lainnya, misalnya seperti jogging. Jadi, seseorang yang melakukan latihan HIIT akan kehilangan 28,5% lebih banyak lemak dalam tubuh daripada orang yang hanya melakukan latihan berintensitas sedang seperti berlari secara terus menerus. 

Pun dengan HITT, detak jantung Anda tetap tinggi selama latihan, dan hal tersebut optimal dalam membakar kalori serta menjadikan pilihan yang efektif untuk menurunkan berat badan. 

  1. Membangun banyak otot

HIIT pun dapat membantu meningkatkan massa otot pada beberapa orang. Meskipun HIIT tidak memungkin membangun otot sebanyak latihan beban, namun HIIT sedikit banyak dapat membantu, terutama pada orang-orang yang sebelumnya kurang aktif. 

  1. Meningkatkan oksigen dan aliran darah

Jantung Anda bertugas untuk memompa darah melalui sistem peredaran darah untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke otot Anda. Dan, sebuah penelitian menemukan bahwa latihan HIIT dapat mendukung dan memperkuat sistem peredaran darah Anda. Selain itu, satu sesi latihan HIIT dapat meningkatkan aliran darah ke otak. 

  1. Membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah

Latihan HIIT memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Misalnya saja mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah, di mana keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

Latihan HIIT juga dapat membantu mengontrol gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kadar insulin dan fungsi pankreas yang lebih baik ketika melakukan latihan HIIT. 

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Seperti kita ketahui bersama, bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental, pun demikian dengan HIIT yang juga sangat membantu kesehatan mental Anda. Termasuk membantu mengurangi keparahan depresi. 

Penelitian lain mengatakan bahwa efek HIIT pada orang dengan skizofrenia kronis dilaporkan menurun dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik, termasuk peningkatan depresi dan penghindaran sosial setelah melakukan latihan HIIT selama lebih dari 8 minggu. 

HIIT merupakan latihan atau olahraga yang ideal bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, karena hanya membutuhkan waktu setidaknya 30 menit dalam setiap latihannya. Dengan waktu yang singkat tersebut, banyak sekali manfaat HIIT yang didapatkan oleh tubuh. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan latihan ini bukan? Selamat mencoba!

Olahraga

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*