Berani Coba, Ini Efek Samping Suntik Putih!

Mungkin banyak orang yang tidak puas dengan warna kulit yang dimilikinya. Bahkan tidak sedikit dari orang-orang tersebut melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih seperti yang mereka inginkan, salah satunya dengan suntik putih. Bahkan mereka bisa mengesampingkan efek samping suntik putih itu sendiri. Padahal banyak sekali efek samping yang membuat kesehatan terganggu.

Kandungan suntik putih

Umumnya bahan utama dari suntik putih adalah glutathione. Para peneliti telah menggunakan berbagai kandungan aktif pada glutathione yang terdapat pada suntik putih. Hasilnya, terdapat berbagai manfaat utama dan manfaat lain dari kandungan tersebut, seperti antioksidan, pencegahan hiperpigmentasi, pencegahan kerusakan sel, pembentukan sel baru, peningkatan kolagen dan banyak lagi.

Asam amino seperti sitein, glisin dan glutamate pun hadir dalam glutathione yang membantu pembentukan sel dan pencegahan kerusakan sel dini.

Suntikan pemutih atau suntik putih yang sangat efektif ini mengandung glutathione sebagai bahan dasarnya, selain itu, asam askorbat, asam lipoat alfa, ekstrak buah, ekstrak kolagen, provitamin B3, B5 dan vitamin E.

Glutathione dianggap sebagai salah satu bahan yang paling efektif untuk mecerahkan kulit, maka tidak aneh jika bahan dasar pada suntik putih adalah kandungan ini. Glutathione memiliki fungsi utama pada tubuh sebagai berikut:

  • Mengurangi hiperpigmentasi
  • Kandungan ini dianggap sebagai salah satu antioksidan yang paling efektif
  • Menginkatkan metabolisme
  • Berfungis untuk mencegah kematian dini sel

Efek samping suntik putih

  • Meskipun jarang terjadi, namun pada beberapa orang mungkin akan mengalmai efek samping yang sangat buruk dan terkadang mematikan saat mengonsumsi obat tersebut. Beritahu dokter jika Anda mengalami beberapa gejala sebagai berikut:
    tanda-tanda reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengelupas dengan atau tanpa mengi; sesak di dada atau tenggorokan, kesulitan bernapas, kesulitan menelan, atau berbicara dengan suara serak yang tidak biasa, atau pembengkakan pada mulut, wajah, bibir, lidah atau tenggorokan.
  • Merasa pusing yang sangat parah atau pingsan.
  • Kulit pucat.
  • Detak jantung yang tidak normal.

Anda perlu mewaspadai jika ada produk yang beredar dipasaran untuk mencerahkan atau memutihkan kulit. Terlebih lagi jika Anda melakukannya sendiri tanpa bantuan dokter atau tenaga profesional lainnya. Alih-alih menjadi putih, malah mendapatkan efek samping suntik putih yang berbahaya bagi tubuh Anda. Untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya untukmemilih suntik putih dengan:

Dokter yang professional

Memilih dokter yang terbiasa melakukan suntik putih atau yang benar-benar terpercaya serta kompeten adalah salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan suntik putih. Pasalnya, dengan memilih dokter yang bagus dan terpercaya, akan memperkecil efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Jadi, carilah dokter yang benar-benar ahli ataupun klinik kecantikan yang sudah Anda percaya. Baik dari referensi kerabat yang telah menggunakan maupun dengan tim medis yang ada di dalamnya. Ingat, jangan tergoda oleh harga yang murah.

Lakukan tes alergi

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan efek samping suntik putih adalah dengan melakukan tes alergi terlebih dahulu. Biasanya dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda sebelum melakuan suntik putih. Pasalnya, jika Anda memiliki beberapa penyakit, seperti asam urat, ginjal, ataupun penyakit kronis lainnya aka dokter akan memberitahukan apa saja risiko yang mungkin anda dapatkan setelah suntik putih.

Jadi, sebeum melakukan suntik putih, ada baiknya untuk memikirkan apa saja efek samping suntik putih yang mungkin bisa Anda dapatkan. Jangan hanya untuk mendapatkan kulit yang putih anda tidak menghiraukan bahaya yang bisa mengancam jiwa Anda.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*