Cara Menjaga Suhu Kamar Agar Tidur Nyenyak

suhu kamar paling ideal untuk tidur adalah 18,3 derajat Celcius

Apabila suhu yang terdapat di kamar tidur terlalu panas dan terlalu dingin, tubuh seseorang akan berusaha secara keras untuk mencapai titik kenyamanan sehingga bukan tidak mungkin mengganggu dan mengurangi kualitas tidur. Hal inilah yang menjadikan suhu kamar sangat penting untuk diperhatikan agar seseorang mendapat kualitas tidur yang sempurna.

Suhu di dalam kamar yang terlalu panas bisa membuat seseorang sering terbangun di tengah malam karena merasa panas dan kegerahan. Tingkat kenyamanan pada suhu dalam kamar sangat memengaruhi kualitas tidur REM, yaitu tahap ketika seseorang berada di dalam mimpi. Fase REM biasanya terjadi setelah seseorang 90 menit setelah tertidur.

Tips Menjaga Suhu Kamar

Mendapatkan suhu ruang tidur dengan tepat sangat penting, temperatur ruangan yang lebih dingin bisa membantu tubuh mempertahankan suhu tubuh yang lebih konsisten, selain itu juga untuk mencegah keringat malam dan kondisi insomnia. Namun, jika terlalu dingin tubuh juga harus mengeluarkan banyak energi untuk menghangatkan badan.

Banyak ahli yang menyarankan untuk bisa mengatur suhu ruangan kamar agar menjadi lebih sejuk, kondisi tersebut lebih mempermudah seseorang menutup mata dan terlelap. Selain itu, kamar juga bisa dianggap sebagai gua dengan kondisi sunyi, sejuk dan gelap. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga suhu ruangan kamar tetap terjaga ideal.

  • Memastikan sirkulasi udara yang terdapat di dalam ruangan berjalan dengan lancar, lakukan dengan mengatur ventilasi udara dengan baik agar ruangan tidak terlalu pengap.
  • Tutup jendela kamar tidur ketika di malam hari, hal ini dikarenakan suhu yang terdapat di luar ruangan bisa berubah-ubah dan memengaruhi konsistensi suhu di kamar tidur.
  • Matikan lampu kamar tidur di malam hari, tujuannya agar mata tidak silau saat tidur, selain itu lampu yang padam dan suasana gelap mampu menjaga suhu tubuh dalam ruangan.
  • Tutup tirai dan gorden jika ingin tidur pada siang hari, tujuannya adalah untuk menghalangi sinar matahari yang membuat ruangan panas, sehingga tidur pun akan lebih nyaman dan nyenyak.
  • Jika menggunakan mesin pendingin udara atau AC, atur pada suhu yang sesuai, yakni berada di kisaran 15 hingga 19 derajat celcius.
  • Apabila menggunakan kipas angin, pastikan sudah diatur dengan kecepatan yang sesuai dengan kondisi ruangan, jangan diatur terlalu kencang karena berisiko menyebabkan masuk angin.
  • Kenakan kaus kaki saat tidur, hal ini berguna karena tubuh membutuhkan kondisi sejuk sementara bagian kaki tetap membutuhkan kehangatan.
  • Fungsi menggunakan kaus kaki adalah agar kaki tetap hangat dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mampu mendistribusikan kembali panas ke seluruh tubuh dengan lebih baik.
  • Dua faktor yang memengaruhi tidur malam yang nyenyak adalah suasana gelap dan sejuk, dua hal ini berpengaruh pada kualitas tidur seseorang.

Suhu tubuh manusia akan mengalami fluktuasi di siang hari dan baru akan mencapai titik tertinggi di sore hari. Selanjutnya menjelang waktu tidur, suhu tubuh akan berkurang karena tubuh mempersiapkan diri untuk bisa beristirahat. Hal ini bukanlah kebetulan bahwa penurunan suhu tubuh sudah dimulai sejak matahari terbenam.

Pada dasarnya suhu tubuh yang berkurang di malam hari merupakan sebuah tanda dan sinyal bahwa otak tengah memproduksi melanin, merupakan hormon yang fungsinya mengatur tidur seseorang. Selain itu, kerja otak dipengaruhi dengan siklus tidur-bangun yang ditentukan oleh ritme sirkadian, hal ini menjadi alasan mengapa suhu kamar tidur sangat penting diperhatikan.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*