Efektif dan Aman, Inilah 5 Cara Menghilangkan Bulu Wajah

Sebagian orang merasa terganggu dengan bulu-bulu halus yang tumbuh di wajah. Tiadanya bulu di wajah dianggap membuat wajah terlihat lebih mulus dan bersih. Namun, mengingat wajah relatif lebih sensitif dibanding bagian tubuh lain, maka perlu dipastikan cara menghilangkan bulu  yang akan dilakukan efektif dan aman.

Cara menghilangkan bulu wajah pada wajah

Perubahan hormon dapat memicu tumbuhnya bulu di wajah. Begitu juga dengan faktor keturunan atau genetika. Bagi Anda yang merasa risih dengan kehadiran bulu di wajah, berikut ini beberapa cara menghilangkan bulu wajah yang efektif.

1. Mencukur

Mencukur merupakan cara menghilangkan bulu yang paling mudah dan cepat. Baik menggunakan pisau manual maupun elektrik, prinsipnya sama saja, memotong bulu atau rambut yang tumbuh di permukaan kulit.

Cara ini juga bukan hanya efektif untuk menghilangkan bulu pada wajah, melainkan dapat pula digunakan untuk menghilangkan bulu di berbagai bagian tubuh. Mulai dari kaki, lengan, ketiak, hingga di bikini line.

Meski sangat mudah, sayangnya cara ini tidak memberikan hasil yang permanen dan jangka panjang. Dalam beberapa waktu, wajah Anda akan kembali ditumbuhi bulu dan Anda perlu bercukur kembali.

2. Mencabut

Hampir serupa dengan mencukur, namun kali ini kita menggunakan pinset untuk mencabut bulu pada wajah. Perbedaannya, kali ini bulu yang dicabut akan tertarik hingga ke akarnya. Ini merupakan cara menghilangkan bulu yang dianggap efektif dan mudah pastinya.

Karena bulu tercerabut hingga ke akarnya, hasilnya biasanya bertahan lebih lama, antara 3 minggu-2 bulan. Teknik mencabut ini biasanya paling cocok digunakan untuk membentuk alis.

Teknik mencabut ini kadang terasa tidak nyaman, meski tidak selalu sakit. Namun, bila Anda merasa sakit setelah proses mencabut bulu, kompres area tersebut dengan es batu. Kompres ini akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang mungkin timbul.

3. Waxing di rumah

Waxing termasuk cara yang efektif untuk menghilangkan bulu pada area tertentu, tidak terkecuali wajah. Metode ini memanfaatkan lilin sebagai media penghilang bulu. Bila Anda memutuskan untuk melakukan waxing, pilihlah lilin yang lembut atau diformulasikan khusus untuk wajah.

Hal penting lainnya, cobalah untuk mengoleskan lilin yang digunakan pada bagian kulit lain sebelum menggunakannya pada wajah. Tujuannya, untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan lilin tersebut.

4. Krim perontok bulu

Pilihan cara menghilangkan bulu wajah lainnya adalah dengan menggunakan krim perontok bulu. Menghilangkan bulu dengan cara ini relatif bertahan lebih lama dibanding mencukur, juga lebih ekonomis dibanding waxing.

Pada dasarnya, krim perontok bulu akan merusak protein yang ada pada rambut. Dengan demikian, rambut akan rontok dan Anda tinggal membersihkannya saja.

Krim perontok bulu ini tersedia untuk berbagai bagian tubuh, namun terdapat krim khusus untuk menghilangkan bulu pada wajah. Layaknya waxing, lebih baik Anda coba mengoleskannya pada bagian tubuh yang lain, seperti pada lengan. Untuk mengetahui muncul reaksi alergi atau tidak.

5. Mencabut bulu dengan benang

Cara menghilangkan bulu yang satu ini dikenal juga dengan istilah threading. Teknik ini sangat umum digunakan untuk merapikan alis atau menghilangkan bulu yang tidak diinginkan pada wajah.

Sesuai namanya, teknik threading memanfaatkan benang untuk menghilangkan bulu. Bulu halus akan ditarik dan dililit oleh benang, sampai terangkat.

Kelebihan cara menghilangkan bulu yang satu ini, tidak ada bahan kimia yang digunakan. Sehingga kecil kemungkinan muncul reaksi alergi. Namun, dalam prakteknya, Anda mungkin akan merasakan sedikit nyeri saat bulu diangkat dari folikelnya.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*