Solusi untuk Penderita Insomnia

Insomnia, jenis gangguan tidur yang membuat Anda merasa sulit untuk tertidur, tetap tertidur, atau bahkan keduanya.

Orang dengan insomnia seringkali tidak merasa segar ketika bangun dari tidur, gal tersebut dapat menyebabkan kelelahan serta gejala lainnya.

Menurut American Psychiatric Association (APA), insomnia gangguan tidur paling umum yang dialami kebanyakan orang. Dinyatakan bahwa sekitar sepertiga dari semua orang dewasa di seluruh dunia, melaporkan gejala insomnia.

Sementara mendapatkan tidur cukup yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. 

Orang yang mengalami insomnia biasanya melaporkan setidaknya satu dari gejala-gejala dibawah ini:

  • Bangun terlalu pagi
  • TIdur yang tidak menyegarkan
  • Kesulitan tertidur

Gejala-gejala insomnia tersebut dapat menyebabkan gejala-gejala lain, termasuk:

  • Kelelahan
  • Perubahan suasana hati
  • Munculnya sifat cepat marah
  • Anda mungkin juga kesulitan berkonsentrasi pada tugas-tugas di siang hari
  • Meningkatkan risiko Anda akan depresi
  • Meningkatkan risiko obesitas,
  • Meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Untungnya, terdapat cara alami yang mudah yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi gejala insomnia Anda.

Menurut Charlene Gamaldo, M.D., direktur medis dari Johns Hopkins Center for Sleep di Rumah Sakit Umum Howard.

“Tidak selalu perlu untuk mendapatkan resep untuk membantu Anda tidur,” katanya.  “Ada cara alami untuk menyesuaikan kebiasaan tidur Anda menjadi lebih baik.”

Banyak kasus insomnia dapat diatasi secara efektif dengan melakukan perubahan gaya hidup atau mencoba pengobatan rumahan.

Berikut beberapa solusi penderita insomnia yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu metode alami, mudah, dan  bebas obat untuk mengobati insomnia Anda. Menurut National Sleep Foundation, meditasi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, serta membuat Anda lebih mudah tertidur dan tetap tertidur.

The Mayo Clinic mengatakan bahwa meditasi juga dapat membantu dengan gejala kondisi yang dapat menyebabkan insomnia. Hal tersebut termasuk:

  • Stress
  • Kegelisahan
  • Depresi
  • Masalah pencernaan
  • Rasa sakit

Terdapat banyak aplikasi dan video tersedia yang dapat membantu Anda bermeditasi.

  1. Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk Anda, termasuk pengurangan risiko penyakit kardiovaskular, peningkatan tonus otot, dan kontrol berat badan yang lebih baik.

Berolahraga selama 20 hingga 30 menit di siang hari dapat membantu Anda tidur lebih baik. Namun, Anda harus menghindari aktivitas fisik yang berat 2–3 jam sebelum tidur.

  1. Minum

Susu hangat, teh chamomile, dan jus ceri tart direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah tidur.

Meskipun tidak ada banyak bukti ilmiah bahwa minuman diatas berfungsi untuk memperbaiki tidur Anda, tidak ada salahnya mencobanya.

“Susu hangat telah lama diyakini berhubungan dengan bahan kimia yang mensimulasikan efek triptofan pada otak.  Ini adalah bahan kimia untuk zat serotonin, yang terlibat dalam transisi tidur-bangun,” kata Charlene Gamaldo, M.D., direktur medis dari Johns Hopkins Center for Sleep.

Teh chamomile juga dapat membantu, karena memiliki flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor benzodiazepine di otak yang juga terlibat dengan transisi tidur-bangun Anda.

Selain itu, teh chamomile tidak mengandung kafein, tidak seperti teh hijau atau Earl Grey. Lalu, jus asam ceri mungkin mendukung produksi melatonin dan mendukung siklus tidur yang sehat.

  1. Minyak esensial

Minyak esensial adalah cairan aromatik kuat yang dibuat dari berbagai tanaman, bunga, dan pohon. Banyak orang menggunakan minyak esensial untuk mengobati berbagai kondisi dengan menghirup minyak atau memijatnya ke kulit mereka. Praktek ni disebut aromaterapi.

Terdapat minyak esensial yang dianggap dapat membantu Anda tidur termasuk:

  • Chamomile Roma
  • Kayu cedar
  • Lavender
  • Kayu cendana
  • Neroli, atau jeruk pahit

Sebuah tinjauan dari 12 studi pada tahun 2015 menemukan aromaterapi bermanfaat dalam membantu Anda untuk tidur.

Studi lain juga menemukan bahwa lavender sangat berguna dalam membantu dan mempertahankan tidur. Studi ini melaporkan bahwa campuran minyak esensial mengurangi gangguan tidur Anda dan meningkatkan kesejahteraan pada orang dewasa yang lebih tua.

  1. Luangkan waktu untuk bersantai sebelum Anda tidur

Beristirahat atau bersantai sebelum tidur dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Kegiatan relaksasi tersebut dapat meliputi:

  • Membaca buku
  • Mandi air panas atau berendam
  • Mendengarkan musik
  • Menghindari penggunaan layar, seperti televisi, telepon, dan tablet, sebelum tidur juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk menenangkan pikiran Anda.

Insomnia bukan hanya gangguan atau ketidaknyamanan kecil yang muncul di keseharian Anda. Gejala tersebut adalah gangguan tidur yang nyata, dan dapat diobati.

Jika Anda merasa mengalami insomnia, bicarakan dengan dokter Anda. Dengan menjelajahi kemungkinan penyebabnya, Anda bisa mendapatkan perawatan yang aman dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Hidup Sehat Read More
saus terburuk bagi tubuh

7 Saus Terburuk yang Membahayakan Tubuh

Saus memang menambah cita rasa tersendiri pada setiap makanan yang kita santap. Namun, tahukah Anda beberapa saus ternyata memiliki kandungan yang tak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut daftar lengkap mengenai saus terburuk untuk kesehatan yang dapat membantu Anda.

  • Creamy Salad Dressings

Dressing salad krim ini tinggi akan kalori, lemak jenuh, dan natrium yang berasal dari mayones, minyak murah, serta keju. Mengonsumsi 2 sendok makan saja sudah membuat Anda menerima sebanyak 150 kalori.

Jadi, ada baiknya bila mengganti cream dengan dressing berbasis tahini atau minyak zaitun. Tahini sendiri kaya akan mineral seperti kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

  • Mayones

Mayones umumnya terbuat dari minyak kedelai, kuning telur, serta cuka yang penuh dengan kandungan lemak jenuh. 2 sendok makanannya bisa menghasilkan 100 kalori yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bila ingin mencari penggantinya, Anda dapat mengonsumsi yogurt.

Yogurt memiliki berbagai kandungan menyehatkan seperti protein dan kalsium. Jangan lupa tambahkan pula perasan air lemon, garam, dan merica agar rasanya semakin menyegarkan.

  • Kecap

Biasanya saus kedelai yang tidak diseduh akan diproses melalui tahapan kimia selama beberapa hari dengan beberapa bahan tambahan. Tambahannya terdiri dari protein nabati terhidrolisir, pengawet buatan hingga warna karamel. Bila mencari bumbu bebas gluten, kecap tentunya bukan pilihan bijak.

Kecap mengandung 40% sampai 60% gandum. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih tamari bebas gluten san-j yang dibuat dari 100% kedelai nontransgenik. Artinya bebas gandum, tanpa bahan perasa, pengawet, serta pewarna buatan.

  • Madu Botolan Murah

Apakah Anda terbiasa membeli madu botolan murah di toko kelontong? Bisa jadi madu tersebut telah dicampur dengan sirup jagung fluktosa berkadar tinggi. Madu campuran sudah kehilangan manfaat antibakteri dari madu alami.

Selain itu, madu yang dibeli di toko mungkin juga sudah tidak mengandung serbuk sarinya. Itulah mengapa, bila ingin menikmati antioksidan tinggi dan menurunkan peradangan pastikan untuk membeli madu asli 100% dari koperasi atau petani lokal.

  • Saus Burger

Dengan kandungan 4 gram gula pada setiap sendok makannya, hal ini seperti menambahkan 1 sendok teh gula ke dalam burger Anda. Selain itu, garam yang berlebih untuk mengimbangi rasa manis seperti bau asam dari acar mengandung berbagai zat yang tak baik bagi kesehatan tubuh.

Bila mencari alternatif lain, Anda bisa menggunakan mustard sebagai pengganti. Dalam mustard sendiri terdapat kandungan phytochemical yang bisa mencegah dan melawan kanker.

  • Saus teriyaki

Saus teriyaki yang sering kita nikmati memang terkenal dengan kelezatannya. Namun, perlu juga Anda tahu bahwa saus ini cenderung dibuat dengan sirup jagung fruktosa berkadar tinggi serta berlimpah natrium.

Hanya dengan 2 sendok makan saus teriyaki, Anda sudah bisa melewati ambang batas sodium harian. Untuk memperoleh rasa “umami” yang gurih tanpa gula, gunakan miso  rendah sodium organik yang baik bagi kesehatan.

  • Salad kol

Kubis dan wortel yang ada dalam salad harusnya menyehatkan, bukan? Namun sayangnya anggapan ini salah besar. Dalam seporsi salad kol dipenuhi dengan saus mayones yang memiliki banyak kandungan lemak jenuh.

Sedangkan dalam setengah cangkirnya terdapat 150 kalori yang akan masuk ke dalam tubuh. Sebagai alternatif, pilihlah sauerkraut yang menawarkan manfaat luar biasa karena sudah difermentasi.

Hidup Sehat Read More
manfaat cuka apel

Apa Saja Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan?

Vinegar adalah cairan dengan kandungan utama cuka atau asam asetat dan air. Asam asetat ini dihasilkan dari fermentasi etanol oleh bakteri asam asetat yang memakan gula dan kandungan alkohol di jus buah, madu, dan minuman lain. Fermentasi tersebut menghasilkan nutrisi tambahan.

Nutrisi tambahan itu yang dikejar banyak orang, terutama yang sedang diet. Apple cider vinegar atau cuka apel tampil sebagai menjadi pilihan favorit. Penyebabnya, cuka apel tidak berbau sekuat fermentasi lain dan rasanya relatif bisa diterima lidah kebanyakan orang. Berikut sejumlah manfaat cuka apel:

  • Menurunkan Berat Badan

                Sebuah penelitian menyebutkan orang overweight yang minum 1 sampai 2 ons vinegar (dicampur air) setiap hari, menikmati menyusutan bobot sedikit lebih cepat dibanding mereka yang tidak minum vinegar. Lemak perut peminum cuka apel juga hilang. Namun, penelitian ini menyatakan efek konsumsi cuka apel hanya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

                Kadar gula darah yang kelewat tinggi memicu berbagai penyakit, mulai serangan jantung, gagal ginjal, stroke, dan kebutaan. Vinegar dapat membantu penderita diabeters mengontrol kandungan glukosa dalam darah pasca makan. Waktu terbaik mengkonsumsi cuka apel bagi penderita diabetes adalah sesaat sebelum makan. Cukup dua sendok teh vinegar, dicampur air.

  • Mengontrol Insulin

                Masih bagi penderita diabetes, cuka apel dapat membantu mengontrol kadar insulin. Tubuh membutuhkan hormon ini untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi. Namun, kadar insulin yang kelewat tinggi membuat tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin. Kondisi ini disebut insulin resistance dan memicu diabetes tipe 2.

  • Membunuh Kuman pada Makanan

                Cuka apel dapat membuat makanan lebih higienis. Asam asetat yang banyak terkandung dalam cuka apel–juga semua vinegar lain–dapat mematikan kuman. Vinegar paling pas digunakan pada makanan yang dikonsumsi mentah, seperti lalapan dan salad.

  • Menghilangkan Ketombe

                Sejak lama, cuka apel diyakini sebagai bahan yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Meski banyak orang membuktikannya, hingga kini, tidak ada penelitian yang mendukung anggapan tersebut. Tidak ada bukti ilmiah yang menyebut vinegar dapat mematikan bakteri dan jamur atau membersihkan residu sampo di kulit kepala. Kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan produk yang memang dibuat untuk menghilangkan ketombe. Jika masalah tidak kunjung hilang, berkonsultasilah dengan dokter kulit.

  • Menghilangkan Kutu Rambut

                Sama seperti pada ketombe, cuka apel diyakini dapat mematikan kutu rambut. Namun, peneliti membuktikan sebaliknya. Vinegar tidak cukup ampuh untuk membunuh kutu. Bahkan, jika dibandingkan berbagai produk yang tersedia di sekitar Anda, seperti alkohol, minyak zaitun, mayonais, mentega, dan petrolium jelly, keampuhan vinegar berada di posisi buncit.

  • Sengatan Ubur-ubur

                Cuka apel bermanfaat sebagai obat penawar sengatan ubur-ubur. Saat menyengat, ubur-ubur mengeluarkan sel nematosis dari tentakelnya. Sel itu merupakan pengantar racun yang membuat korbannya–sangat mungkin korban itu adalah kita–merasa terbakar. Merendam bagian yang tersengat dengan cuka apel menghentikan kerja nematosis. Racun pun tidak lagi aktif. Ada baiknya, memasukkan cuka apel dalam daftar barang bawaan Anda setiap kali ke pantai.

  • Memutihkan Gigi

                Berkumur dengan cuka apel dapat membuat gigi lebih putih. Namun, pada banyak orang, asam asetat dalam vinegar bersifat korosif terhadap email, lapisan terluar yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Terutama jika mengkonsumsi cuka apel berdekatan dengan menggosok gigi. Sebaiknya, beri jarak sedikitnya 30 menit antara minum cuka apel dan menyikat gigi. Jika gigi berubah warna dan menjadi ngilu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi.

  • Melindungi Sel-sel Tubuh

                Apa persamaan buah-buahan, sayur-sayuran, wine, kopi, dan coklat? Mereka sama-sama mengandung antioksidan–pelindung sel dari penyakit dan penyebab kanker–berupa polifenol. Cuka apel juga mengandung polifenol. Meski belum ada studi yang menyebutkan manfaat polifenol dalam vinegar, kita dapat berasumsi manfaatnya tidak berbeda jauh dalam perlindungan terhadap sel.

  • Tekanan Darah

                Banyak orang meyakini cuka apel bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada orang berpenyakit hipertensi. Sayangnya, penelitian tentang manfaat vinegar bagi tekanan darah baru sebatas menurunkan tekanan darah tikus. Belum terbukti pada manusia.

  • Membatasi Konsumsi Makanan

                Banyak orang yang menjalani diet meyakini nafsu makan mereka berkurang setelah mengkonsumsi cuka apel. Mengkonsumsi vinegar bersamaan dengan roti putih, misalnya, membuat orang lebih cepat kenyang. Namun, efek yang sama tidak berlaku pada bahan makanan lain, misalnya krim gandum. Perlu penelitian lebih lanjut soal hal ini.

Hidup Sehat Read More