Ini Perbedaan Tumor Jinak dengan Tumor Ganas

Tumor merupakan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh. Kondisi ini ditandai dengan benjolan yang menyerupai pembengkakan. Secara umum, tumor dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

tumor jinak

Saat tubuh dalam kondisi sehat, sel-sel dalam tubuh akan tumbuh, membelah, dan saling berganti. Pertumbuhan sel-sel baru akan menggantikan sel-sel yang lama. Apabila pertumbuhan tersebut terus berlangsung bahkan saat tubuh sedang tidak memerlukannya, sel-sel baru akan terus terbentuk dan berkelompok hingga membentuk tumor.

Mengenal pengertian tumor jinak dan tumor ganas

Tumor jinak adalah kondisi tumor yang tidak berpotensi menjadi kanker. Tumor jenis ini tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan merupakan jenis tumor yang sangat umum terjadi pada wanita.

Berbeda dengan tumor yang jinak, tumor ganas adalah tumor yang terbentuk dari sel-sel kanker. Tumor jenis ini dapat berkembang dan menyebar, menyerang jaringan-jaringan lain di sekitarnya. Kemunculannya bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, mulai dari kulit, usus, payudara, sampai organ dalam.

Penyebab dari tumor jinak dan tumor ganas sama-sama tidak diketahui dengan pasti. Kondisi ini bisa muncul secara tiba-tiba dan di area-area tubuh yang tak terdua. Terkadang, apabila benjolan yang jinak muncul pada area yang mudah terdeteksi, Anda mungkin akan menyalahartikannya sebagai tumor ganas. Untuk mendapatkan kepastian, lakukanlah pemeriksaan ke dokter.

Tidak seperti tumor ganas, tumor yang jinak sebetulnya tidak berbahaya. Akan tetapi, pasien tetap dianjurkan untuk melakukan sejumlah perawatan guna mengangkat tumor tersebut. Dalam beberapa kasus, tumor jinak dapat tiba-tiba berkembang menjadi tumor ganas di kemudian hari.

Perbedaan tumor jinak dan tumor ganas

Ada banyak faktor yang membedakan tumor jinak dengan tumor ganas. Selain dari sifatnya, kedua jenis tumor ini juga dapat dibedakan melalui gejala, metode penyebaran, hingga upaya pengobatannya.

Berikut ini beberapa karakteristik dari tumor jinak yang perlu Anda ketahui:

  • Pertumbuhan sel tumor yang lambat, cenderung tidak menyebar
  • Tidak menyerang jaringan sehat di sekitarnya atau bagian tubuh yang lain
  • Bentuk dan DNA dari sel tampak normal saat diuji di bawah mikroskop
  • Tidak mengeluarkan hormon atau zat lainnya kecuali pheochromocytoma dari kelenjar adrenal
  • Tidak memerlukan perawatan khusus bila tidak mengancam kesehatan
  • Memiliki resiko lebih kecil untuk muncul kembali setelah melewati prosedur pengangkatan tumor

Dalam mengatasi tumor jinak, dokter biasanya menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, memastikan tumor tersebut tidak berkembang menjadi sel kanker.

Sementara, tumor ganas memiliki beberapa karakteristik yang bertolak belakang dengan karakteristik dari tumor yang jinak. Berikut ini karakteristik dari tumor ganas yang bisa dikenali:

  • Sel tumor ganas bisa menyebar dan bertumbuh dengan sangat cepat
  • Menyerang jaringan-jaringan lain di sekitarnya dan menyebar melalui aliran darah
  • Dapat kembali muncul setelah diangkat, umumnya di area lain yang tak jauh dari bagian tubuh awal
  • Bentuk, kromosom, dan DNA dari sel tumor terlihat tidak normal saat diuji di bawah mikroskop
  • Mengeluarkan zat yang dapat menyebabkan penurunan berat badan serta kelelahan
  • Memerlukan perawatan yang agresif, termasuk operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan konsumsi obat-obatan

Penderita tumor jinak umumnya memiliki resiko yang sangat kecil untuk mengalami komplikasi yang berbahaya. Akan tetapi, beberapa dokter menganjurkan pasien mengangkat tumor ini untuk berjaga-jaga. Untuk mendapatkan kepastian mengenai upaya pengobatan tumor jinak yang diderita, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kanker.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*