Kelebihan Minyak Cendana yang Perlu Diketahui

Diekstrak melalui penyulingan uap kayu cendana dewasa berusia 40 hingga 80 tahun merupakan minyak esensial pohon cendana. Semakin tua usia pohon, maka akan semakin banyak cadangan minyak cendana dan semakin kuat aroma yang ditimbulkan. Perlu diketahui bahwa minyak yang satu ini merupakan salah satu minyak atsiri paling mahal di pasaran.

Termasuk paling mahal di pasaran karena bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan minyak ini tidak mudah untuk didapat. Sebanyak 90 persen produksi minyak esensial cendana yang terdapat di pasaran dunia berasal dari India. Namun demikian, sesuai dengan harga yang dibanderol manfaat dari minyak ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Minyak Cendana

  • Hilangkan Rasa Cemas

Minyak esensial cendana mempunyai efek sedatif, efek yang mampu menenangkan peradangan, kecemasan, ketakutan, stres hingga kegelisahan. Selain itu, mampu menimbulkan relaksasi, ketenangan yang baik untuk konsentrasi hingga membuat pikiran menjadi positif dan dampaknya membuat rasa cemas hilang.

  • Anti-Peradangan

Minyak ini sangat efektif digunakan sebagai anti-peradangan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak esensial cendana mempunyai efek pendinginan yang bagus untuk meringankan berbagai peradangan di otak. Selain itu juga peradangan pada sistem pencernaan, saraf, peredaran darah hingga ekresi yang dihasilkan dari infeksi, demam dan lain sebagainya.

  • Membantu Merawat Kulit

Merawat kulit juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak esensial cendana, minyak ini mampu untuk menenangkan kulit. Sehingga mampu menjaga kulit dari peradangan dan iritasi, selain itu minyak ini bisa dipakai untuk menyembuhkan infeksi dan membuat kulit semakin segar dan sejuk, sementara khasiat antiseptik mampu membuat kulit bersih dan cerah.

  • Antiseptik

Tak hanya bermanfaat untuk penggunaan luar, minyak esensial cendana juga aman digunakan di dalam tubuh. Khasiat antiseptik mampu melindungi luka dan bisul di dalam tubuh dari infeksi, seperti manfaat minyak ini pada kulit luar guna melindungi luka koreng, bisul dan jerawat akibat timbulnya infeksi atau pembusukan.

  • Diuretik

Di balik sifat anti-peradangan yang dimiliki, minyak esensial cendana mampu membantu meredakan peradangan dalam sistem urine. Hal ini dapat membuar urine mengalir dengan mudah, minyak ini mampu membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil serta volume urine hingga mengobati infeksi dan peradangan dalam sistem kemih karena racun berbahaya.

  • Astringen

Minyak ini juga disebut memiliki beberapa sifat astringen, kondisi ini menyebabkan kontraksi kecil di jaringan lunak tubuh seperti gusi dan kulit. Sifat astingen dalam minyak ini terbukti membawa manfaat dalam beberapa hal seperti memperkuat gusi, mengencangkan kulit hingga membersihkan kulit seperti menghilangkan jerawat dan flek hitam.

  • Jadi Wewangian

Minyak esensial ini juga memiliki wangi harum, sangat berguna dalam industri wewangian, ketika dipakai dalam proporsi yang lebih kecil dalam parfum. Minyak ini bisa menjadi fiksafif sangat baik untuk meningkatkan wewangian lain, seperti misalnya ketika dipadukan menjadi satu. Namun demikian, produk dengan bahan minyak cendana dibanderol dengan harga yang mahal.

Meski dibanderol dengan harga tergolong mahal, minyak ini justru biasa ditemui dalam bentuk wewangian atau parfum. Bahkan sering digunakan sebagai aroma terapi karena aroma klasik yang dimunculkan mampu meningkatkan kondisi fisik maupun mental. Sehingga sangat sering diandalkan untuk manfaat kesehatan.

Namun, bagi ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan untuk menghindari penggunaan minyak esensial cendana ini. Hal tersebut dikarenakan masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai keamanan dan kegunaan minyak tersebut selama masa kehamilan.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*