Kepala Bayi Panas Tapi Tidak Demam? Mungkin Ini Penyebabnya

Kepala Bayi Panas Tapi Tidak Demam? Mungkin Ini Penyebabnya

Sebagai orang tua, memperhatikan kondisi kesehatan bayi tentu menjadi tujuan utama Anda. Ketika Anda merasakan kepala bayi panas, Anda mungkin khawatir bayi mengalami demam. Tapi, setelah dicek, suhu tubuh bayi ternyata masih normal.

Bila hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Kepala bayi yang panas tidak selalu menandakan bahwa bayi mengalami demam. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini. 

Hal-hal yang menyebabkan kepala bayi panas

Sebenarnya, saat Anda merasakan ada yang berbeda dengan kondisi bayi, sebaiknya bawalah bayi ke dokter untuk melalui pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan kepala bayi panas, seperti: 

  • Efek menangis 

Panas pada kepala bayi mungkin timbul setelah bayi lelah menangis. Hal ini biasanya terjadi apabila bayi Anda menangis dengan keras dan dalam jangka waktu yang lama.

Terlalu banyak menangis bisa memicu peningkatan suhu tubuh bayi, khususnya pada area kepala. Selain itu, menangis juga bisa menyebabkan wajah bayi memerah. 

Dalam beberapa kasus, ini bisa juga disebabkan oleh demam. Tapi, terkadang peningkatan suhu dan perubahan warna wajah yang memerah pada bayi bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, seperti gangguan pencernaan yang menyebabkan sakit perut. 

  • Bayi bersemangat

Saat bayi Anda bersemangat, suhu tubuhnya juga bisa saja mengalami peningkatan. Hal ini secara khusus akan terjadi ketika bayi merasa sangat bahagia, banyak tertawa, dan tersenyum.

Terkadang, bayi bisa tiba-tiba menjadi bersemangat tanpa sebab khusus. Ketika bersemangat, bayi cenderung lebih banyak bergerak karena merasa bosan. Banyaknya gerakan yang dilakukan bayi akan berujung pada kepala yang memanas.

Penyebab peningkatan suhu bayi setelah banyak bergerak sama seperti pada orang dewasa sehabis berolahraga. Untuk meredakannya, Anda bisa mencoba menenangkan bayi dengan mengajak bayi bicara, membacakan cerita, menyanyikan lagu, dan lain sebagainya. 

  • Tumbuh gigi

Tumbuh gigi adalah salah satu alasan utama kepala bayi panas. Proses pertumbuhan gigi akan dimulai sejak bayi berusia kurang lebih dua bulan. Tapi, gigi pertama sang  bayi tidak akan benar-benar muncul dan terlihat sebelum bayi mencapai usia enam bulan.

Baik pada orang dewasa maupun bayi, proses tumbuh gigi bisa menyebabkan demam. Kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Peningkatan suhu tubuh bayi saat tumbuh gigi juga tidak selalu berarti demam. Bisa saja, hal itu terjadi karena bayi sedang berada di bawah stres yang muncul akibat proses tumbuh gigi. 

  • Pakaian yang tebal

Apabila Anda memakai pakaian yang tebal dan berlapis-lapis pada bayi, kepala bayi Anda rentan mengalami peningkatan suhu. Bahkan, dalam suhu ruangan yang dingin sekalipun, memakaikan pakaian tebal bisa membuat kepala bayi panas.

Pada dasarnya, pakaian yang tebal dan hangat bisa membuat suhu tubuh manusia menjadi lebih hangat dari biasanya. Hal ini normal terjadi, bahkan pada orang dewasa sekalipun.

Tidak hanya pakaian yang tebal, memakaikan topi pada kepala bayi juga bisa menyebabkan peningkatan suhu di kepala bayi. Terlebih lagi, jika topi dipakaikan dalam durasi yang cukup lama. 

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kepala bayi panas. Panas yang Anda rasakan di kepala bayi tidak selalu berbahaya. Namun, jika kondisi berlangsung cukup lama dan parah, Anda mungkin perlu membawa bayi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*