Manfaat Hydrating Toner Untuk Kecantikan Wajah

Apakah memakai hydrating toner setelah membersihkan kulit wajah bermanfaat? Jawaban singkat, iya. Toner memiliki banyak manfaat, mulai dari menyeimbangkan kulit hingga menghidarsi untuk memberikan tampilan kulit wajah yang lebih cerah dan bersinar. Saat ini, toner telah diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah para wanita. Ada banyak toner yang mengadung formula hydrating dan bebas alkohol. Sehingga, memakainya tidak akan membuat kulit terasa pedih ataupun kering. Pemakaian toner sangat penting tidak peduli jenis kulit wajah Anda. Dan artikel ini akan mencoba mengulas manfaat toner bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Memilih toner dibilang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan setiap toner memiliki formula khusus yang diciptakan untuk menjawab kebutuhan perawatan wajah jenis kulit tertentu. Tergantung dengan bahan yang digunakan, pada umumnya toner dapat membersihkan wajah, menyesuaikan keseimbangan pH, menghidrasi (hydrating toner), dan bahkan eksfoliasi. Secara lebih detail, manfaat toner adalah sebagai berikut:

  • Toner dapat membantu membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak tersapu oleh cleanser

Hydrating toner biasanya akan dioleskan setelah Anda membersihkan wajah menggunakan cleanser atau sebelum memakai riasan wajah. Karena sebab itu, toner dapat menyapu sisa-sisa kotoran atau make yang ditinggalkan oleh cleaner. Anda bisa menganggap bahwa toner merupakan jarring pengaman yang siap membersihkan minyak berlebih, sel kulit mati, bekas makeup, dan polutan lingkungan lain seperti debu dan kotoran.

  • Toner dapat meminimalisir dan mencegah terbentuknya jerawat

Dengan membersihkan sisa kotoran dan makeup dari permukaan kulit wajah, toner dapat menjaga agar paru-paru wajah tetap bersih dan tidak tersumbat. Dengan pori-pori yang bersih, risiko terbentuknya komedo dan jerawat di permukaan kulit dapat dikurangi. Selain itu, toner juga dapat menjaga corak wajah yang jelas, terutama apabila digunakan pada tipe kulit berminyak atau rawan terbentuk jerawat.

  • Toner membantu menyeimbangkan kembali kadar pH di kulit wajah

Menjaga kadar pH di kulit merupakan hal yang penting untuk melindungi mantel asam yang melindungi kulit dari patogen asing. Mantel asam ini terbentuk di bagian stratum corneum. Karena pelindung ini bersifat asam, menjaga kesehatan mantel asam akan meningkatkan kesehatan stratum corneum, yang mana sangat penting untuk kulit wajah yang sehat. Produk hydrating toner yang baik akan menyeimbangkan kembali kadar pH di kulit Anda pada kondisi keasaman yang alami sehingga dapat melindungi mantel asam. Hal ini penting untuk diketahui terutama apabila Anda menggunakn cleanser berbasis alkalin yang dapat mengganggu keseimbangan pH alami kulit 5.5.

  • Meningkatkan fungsi produk perawatan wajah lain

Menggunakan toner akan membersihkan permukaan kulit wajah Anda dari debu, kotoran, dan bekas atau sisa makeup. Ini akan membuat kulit Anda bersih layaknya kanvas baru yang siap dilukis menggunakan produk perawatan favorit Anda. Mempersiapkan dan melindungi kadar pH agar kembali ke keasaman alami dapat meningkatkan kemanjuran produk seperti serum, lotion, pelembap, dan serum.

Dalam kasus hydrating toner, toner juga dapat menghidrasi, mencerahkan, melembutkan, dan mengatur produksi minyak di wajah. Berbeda dengan toner wajah berbahan alkohol jaman dulu (yang hanya berfokus untuk membersihkan minyak berlebih dan meminimalisir munculnya pori-pori), toner jaman sekarang bebas alkohol dan mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit. Selain dapat menghidrasi kulit, hydrating toner akan dapat membantu membut kulit tampak lebih cerah, lembut, dan berseri. Selain itu, beberapa toner yang mengandung astringen juga dapat mengatur produksi sebum di wajah.

Kesehatan Kulit Read More

Jerawat di Dagu, Tanda Kamu Terserang Penyakit

Jerawat di wajah memang masalah yang menjengkelkan. Tidak mengenal usia, jerawat bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja mau laki-laki dan perempuan. Secara umum, jerawat muncul karena penyumbatan pada folikel rambut di kulit. Biasanya jerawat bisa diatasi dengan melakukan perawatn waj dan tambahan krim penghilang jerawat.

Deretan perawat wajah dilakukan demi terhindarnya jerawat muncul. Meskipun jerawat tidak membahayakan, namun perlu diwaspadai jika ada jerawat tumbuh di dagu dan tidak bisa hilang meski sudah melakukan segala perawatan. Jerawat di dagu bisa menjadi petanda kamu terserang penyakit, yuk simak selengkapnya.

Penyebab utama jerawat muncul di dagu adalah perubahan hormon pada tubuh seseorang. Perubahan hormon biasanya terjadi pada sesorang saat mengalami masa pubertas, menstruasi, kehamilan dan menopause. Selain hormon, jerawat di dagu juga dikarenakan meningkatnya sebum atau minyak yang berlebih pada wajah sehingga menyebabkan jerawat di dagu sulit dihilangkan.

Hal yang paling penting dari jerawat di dagu adalah kurang seimbangnya fungsi organ ginjal. Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan fungsi organ ginjal menjadi tidak seimbang. Jika sudah muncul jerawat di dagu, sebaiknya kamu waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan tubuhmu. Untuk menghindari masalah jerawat di dagu kamu, lakukanlah hal-hal seperti berikut:

Hindari Dehidrasi

Kulit yang berjerawat bisa dikarenakan tubuh yang kekurangan cairan. Kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih. Minumlah air putih dua liter perhari dan kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang mengandung banyak air dan serat. Jika cairan dalam tubuh terpenuhi, wajah akan sehat dan terhindar dari jerawat.

Olahraga Rutin

Selain memnuhi kebutuhan cairan, tubuh juga perlu berolahraga. Olahraga secara rutin bisa memperlancar sistem aliran darah di tubuh mengalir dengan baik. Olahraga bisa menghindari tubuh dari berbagai serangan penyakit khususnya masalah jerawat. Selain waktu olahraga, pola makan juga harus dijaga karena makanan juga menjadi salah satu faktor munculnya permasalahan di wajah.

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Jerawat bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan dan merawat wajah. Membersihkan dan merawat wajah bisa kamu lakukan secara rutin dengan bahan-bahan alami. Selain harga yang terjangkau, bahan-bahan alami dipercaya bisa mengurangi masalah jerawat dana man untuk kulit. Sebaiknya kamu pahami juga tipe kulit wajahmu agar disesuaikan dengan bahan-bahan yang dipakai.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak dan junk food juga bisa menjadi penyebab jerawat di wajah. Kandungan minyak dan garam berlebih bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat dan wajah akan terlihat kusam, berminyak dan timbul jerawat. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti makanan yang berlemak dengan makanan sehat penuh gizi. Pililah sayuran dan buah-buahan segar, selain itu hindari minuman soda, alkohol dan merokok.

Hindari stres

Stres karena pekerjaan juga bisa menyebabkan jerawat muncul lho! Ketika kamu mengalami stres yang cukup tinggi , hormon glukokotikoid yang terdapat dalam tubuh juga meningkat. Meningkatnya hormon inilah yang dapat mengganggu kesehatan kulit dan membuat jerawat muncul di wajah.

Jerawat memang masalah wajah yang sudah umum yang sering dialami khususnya pada wanita. Meskipun jerawat bukan penyakit yang mengerikan, namun jika jerawat di wajah semakin parah dan tidak kunjung hilang jika sudah diobati, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Itulah penjelasan singkat terkait jerawat di dagu. Semoga menambah wawasanmu.

Kesehatan Kulit Read More