Cara-cara Menurunkan Kadar Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon yang berkaitan dengan respons tubuh saat menghadapi stres

Saat kamu stres, tubuh akan menghasilkan hormon yang disebut dengan hormon kortisol. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah dan sistem kekebalan tubuh selama datangnya krisis, baik krisis fisik maupun emosional. Hormon Kortisol baik untuk membentuk cadangan energi dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

Masalahnya, stres yang tak kenal lelah juga dapat membuat tubuh waspada dan membuat manfaatnya berubah merugikan. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan gangguan tidur, menekan sistem kekebalan, menyebabkan kenaikan gula darah, dan kenaikan berat badan.

Untungnya, tubuh telah berevolusi untuk menangkal lonjakan ini, yaitu dengan melakukan relaksasi. Berikut adalah delapan cara yang mengejutkan untuk memangkas kadar kortisol hampir separuh.

1. Meditasi

Dalam sebuah penelitian di Thailand, orang yang berlatih meditasi secara signifikan mengalami penurunan kortisol dan tekanan darah dalam waktu 6 minggu. Demikian pula orang yang bermeditasi setiap hari selama 4 bulan mengalami penurunan kortisol rata-rata sebesar 20 persen, menurut sebuah penelitian di Maharishi University.

2. Mendengarkan Musik 

Musik dapat memiliki efek menenangkan otak, terutama saat sedang menghadapi pemicu stres. Ketika seorang dokter di Osaka Medical Center, Jepang, memainkan lagu untuk sekelompok pasien yang menjalani kolonoskopi, tingkat kortisol pasien naik lebih sedikit dibandingkan pasien lain yang menjalani prosedur sama di ruangan yang tenang.

Mencegah lonjakan kortisol dalam situasi pemicu stres lainnya dapat dilakukan dengan mengalunkan musik instrumental. Dan jika ingin lebih cepat tertidur, dengarkanlah musik yang menenangkan, jangan menonton TV.

3. Tidur lebih awal atau tidur siang 

Ketika sekelompok pilot tidur 6 jam atau kurang selama 7 malam saat bertugas, tingkat kortisolnya meningkat secara signifikan dan tetap meningkat selama 2 hari, demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan Jerman Institute for Aerospace Medicine. Tidur 8 jam direkomendasikan karena memberikan tubuh waktu untuk memulihkan diri dari stres seharian.

Jika tidak dapat memenuhi 8 jam tidur, pastikan dapat tidur siang pada hari berikutnya. Peneliti dari Pennsylvania State University menemukan bahwa tidur siang dapat mengurangi kortisol yang diakibatkan kurang tidur pada malam sebelumnya.

4. Minum teh hitam 

Teh hitam terbukti ampuh meredakan lonjakan kortisol. Ketika relawan di University College London diberi tugas yang memicu stres, kadar kortisol orang yang biasa minum teh hitam turun sebesar 47 persen dalam satu jam setelah menyelesaikan tugas. Sedangkan peserta lain yang minum teh palsu hanya mengalami penurunan 27 persen. Sang peneliti, Andrew Steptoe, PhD, menduga bahwa bahan kimia alami seperti polifenol dan flavonoid berperan penting atas efek menenangkan ini.

5. Bergaul dengan teman yang lucu 

Sahabat yang selalu dapat membuat tertawa tak hanya dapat mengalihkan perhatian dari masalah, tapi kehadirannya dapat membantu meredam stres. Tertawa saja sudah cukup untuk mengurangi kortisol hampir setengahnya, menurut para peneliti di Loma Linda University. Jika teman-teman sudah pada sibuk dengan urusannya masing-masing, menonton acara komedi juga dapat membantu.

6. Pijat 

Pijatan lembut dapat memangkas tingkat stres. Setelah beberapa minggu terapi pijat, rata-rata kadar kortisol akan menurun sebesar hampir sepertiga, menurut penelitian di University of Miami School of Medicine. Selain menjaga kadar kortisol, pijat juga dapat mengurangi stres dengan meningkatkan produksi dopamin dan serotonin, hormon yang dilepaskan ketika bersosialisasi dengan teman atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.

7. Beribadah 

Menurut penelitian dari Universitas Mississippi, ritual keagamaan membentengi banyak orang dari tekanan sehari-hari, dan juga dapat menurunkan kadar kortisol. Subjek penelitian yang rajin ke gereja memiliki kadar hormon stres lebih rendah daripada yang tidak menghadiri ibadah sama sekali. Jika ritual tidak cukup menarik, cobalah mengembangkan sisi spiritual dengan berjalan-jalan di alam, hutan, pantai, atau menjadi relawan dalam kegiatan sosial.

8. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat meredakan ketegangan, demikian saran dari peneliti di Northumbria University di Inggris. Ketika menghadapi tekanan, pengunyah permen karet memiliki kadar kortisol 12 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak mengunyah permen. Pengunyah permen karet ditemukan memiliki kewaspadaan lebih besar dibandingkan yang tidak mengunyah permen. Diduga, mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah dan aktivitas saraf pada salah satu bagian otak.

Itulah cara menurunkan hormon kortisol. Semoga membantumu.

Kesehatan Mental Read More

Senang Jadi Pusat Perhatian? Hati-hati Alami Histrionic Personality Disorder

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang senang mencari-cari perhatian orang lain di sekitarnya, sehingga terkadang membuat rasa tidak nyaman dan sebal? Belum lagi jika ia menjadi sosok yang terkesan dramatis. Dalam kasus tertentu, kondisi ini dapat disebabkan  oleh gangguan psikologis yang dikenal dengan histrionic personality disorder.

Mengenai histrionic personality disorder

Tergolong dalam salah satu jenis gangguan psikologis, histrionic personality disorder atau gangguan kepribadian histrionik, penderitanya seringkali menginginkan perhatian secara berlebihan hingga mencapai tahap yang cukup ekstrem.

Penderita gangguan psikologis ini cenderung melakukan tindakan atau berperilaku dramatis agar orang lain memberikannya perhatian. Penyebutan istilah histronik bukanlah tanpa alasan, pasalnya memang penderita histrionic personality disorder kerap kali berperilaku dramatis atau teatrikal.

Histronic personality disorder dikategorik dalam gangguan kepribadian klaser B atau gangguan dramatik. Penderitanya cenderung memiliki emosi yang tidak stabil dan memiliki kepribadian yang bersifat distorsi.

Sebagian besar penderita gangguan kepribadian histrionic adalah wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kaum pria juga dapat mengalami gangguan psikologis ini. Umumnya, gangguan psikologis ini terjadi di usia remaja atau pada fase awal dewasa.

Hingga saat ini, belum ditemukan jelas penyebab gangguan kepribadian histrionik. Namun, faktor genetik dan lingkungan sekitar berpeluang besar memicu timbulnya masalahnya ini, sebagai contoh kurangnya pemberian kritik di masa kanak-kanak.

Apa saja gejala histrionic personality disorder?

Gejala yang mungkin timbul dari gangguan kepribadian histrionik seringkali membuat orang lain di sekitarnya merasa kesal dan tidak nyaman. Perilaku atau tindakan tersebut, antara lain:

  • Pergantian emosi yang berlangsung secara drastis
  • Haus akan validasi dari orang lain
  • Melakukan ancaman atau percobaan bunuh diri agar mendapatkan perhatian dari orang lain
  • Gemar mencari perhatian dari orang di sekitarnya dan akan merasa gelisah jika keinginannya tersebut tidak tercapai
  • Mengenakan pakaian yang cenderung provokatif dan berperilaku genit serta tidak pantas terhadap orang lain
  • Bertindak secara dramatis, seperti orang aktor dengan emosi dan ekspresi yang berlebihan, sehingga terlihat tidak tulus
  • Mudah terpengaruh perkataan orang lain
  • Bersikap sensitif terhadap kritik dari orang lain
  • Kerap kali mengambil keputusan tanpa pertimbangan dan tidak pikir panjang sebelum bertindak
  • Kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain
  • Bersikap selfcentered dengan fokus terbesar pada diri sendiri, tidak memedulikan orang lain
  • Cepat bosan dan tidak suka terlibat dengan hal-hal yang repot. Penderita seringkali tidak menyelesaikan tugas dan kewajibannya

Bagaimana mengobati penderita histrionic personality disorder?

Setidaknya terdapat tiga jenis terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan psikologis ini:

  • Terapi kognitif: terapi ini dilakukan untuk membantu penderita dalam menumbuhkan empati, mengendalikan emosi, dan juga menerima keadaan bahwa tidak setiap saat ia akan mendapatkan perhatian.
  • Terapi analitik kognitif (CAT): dilakukan dengan mengidentifikasi emosi, perilaku negatif, dan juga pola pikir penderita. Dengan begitu, penderita dapat mengembangkan kemampuan adaptasi yang lebih baik.
  • Psikoterapi analitik fungsional: dilakukan ketika psikiater mendapati adanya campuran perilaku dari penderita. Jika terdapat perilaku positif, psikiater akan memberikan penguatan dukungan.
Kesehatan Mental Read More

Menakar Mimpi Gigi Copot Lewat Islam, Primbon, & Psikologi

Bagi sebagian orang mimpi adalah bunga tidur yang menyemarakkan pengalaman tidur Anda. Namun, tak sedikit pula yang meyakini bahwa mimpi merupakan suatu pesan tersembunyi yang dikirimkan untuk memberi tahu si pemimpi akan sesuatu yang bakal dialaminya di dunia nyata. Salah satu mimpi yang banyak dikulik dan memiliki beragam tafsir adalah mimpi gigi copot.

Dikatakan bahwa seseorang yang bermimpi kehilangan gigi tengah terancam oleh kemalangan. Lebih jelas bahwa kemalangan tersebut dikait-kaitan dengan kematian. Di bawah ini ada beberapa kemungkinan dari mimpi gigi copot yang didapat dari tiga kacamata berbeda, yakni islam, primbon, dan psikologi. Apa saja kemungkinan itu, berikut informasi lengkapnya:

  • Islam

Jika kita membuka-buka turats Islam, di sana ada satu dari sekian banyak kitab yang memuat arti-arti mimpi dalam tidur manusia, salah satunya adalah mimpu gigi copot. Menurut Abdul Ghani al-Nabulsi, “Gigi di dalam mimpi menunjukkan ujung atau batas ajal dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Keterangan ini dapat dirujuk di dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Selain kitab ini, banyak juga kitab-kitab lain yang telah membahas persoalan yang sama, seperti Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam, dan lain sebagainya.

Gigi di samping sebagai simbol keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan, kadangkala ia juga berarti harta, binatang ternak, raja, harta simpanan, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

Jika dalam mimpinya seseorang merasakan atau melihat bahwa giginya goyah atau bergerak, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu keluarganya akan mengalami sakit, tergantung di bagian mana gigi tersebut goyah. Sedangkan bila mana seseorang bermimpi bahwa salah satu dari giginya copot, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu dari orang terdekatnya akan meninggal atau ia akan menghilang dan tidak akan kembali lagi.

Adapun jika seseorang melihat dalam mimpinya gigi yang copot namun ia masih mengenggamnya, maka ia akan menemukan ganti keluarga baru sebagaimana keluarga lama yang telah pergi. Sebaliknya jika ia menguburnya, maka keluarga yang pergi tidak akan kembali, juga tidak akan menemukan ganti keluarga yang baru.

Jika seseorang melihat giginya di dalam mimpi penuh dengan karang gigi yang hitam, menurut al-Nabulsi keluarganya akan mendapatkan ujian berupa aib atau cacat yang ditimbulkan oleh perbuatan mereka sendiri.

  • Primbon

Tak jauh berbeda dengan tafsir mimpi melalui pendekatan islam, mimpi gigi copot berdasarkan pandangan primbon juga dikat-kaitkan dengan suatu kemalangan yang akan menimpa si pemimpi.

Ada beberapa versi yang beredar, satu sumber mengatakan bahwa kemalangan yang menanti si pemimpi masih bersifat abstrak, artinya belum dapat diartikan atau dijelaskan secara pasti. Kemalangan itu bisa saja bersifat ringan atau berat. Bahkan beberapa ada yang percaya bahwa kemalangan ini bisa jadi adalah kematian, bisa jadi orangtua atau anggota keluarga akan segera di panggil oleh Yang Maha Kuasa

Sementara itu, sumber lainnya secara terang-terangan menafsirkan kemalangan yang akan diterima setelah mimpi gigi copot. Disebutkan bahwa gigi tertentu mewakilkan satu kemalangan yang spesifik, misal: bila yang tanggal di dalam mimpi adalah gigi bagian atas, seseorang akan kehilangan kerabat, sedangkan gigi bagian bawah menandakan yang akan mendapat musibah adalah keluarga.

  • Psikologi

Dari pendekatan psikologi, mimpi gigi copot diartikan amat berbeda dari dua pendekatan sebelumnya. Bidang keilmuan ini mencoba menarik dan menyimpulkan bahwa mimpi itu memiliki keterkaitan dengan kondisi psikologis seseorang.

Beberapa kondisi seperti stres, kecemasan berlebih, dan kecemburuan digadang-gadang menjadi sebab utama seseorang mengalami mimpi gigi copot dalam tidurnya. “Hasil tafsiran” mimpi melalui kacamata psikologi ini diyakini muncul melalui beberapa penelitian atau setidaknya pengamatan yang mengindahkan aspek-aspek scientist.

Berbeda dengan dua pendekatan sebelumnya, islam dan primbon, yang bisa dibilang ditafsirkan melalui “pengalaman” spiritual si penafsir.

***

Itulah beberapa tafsir mimpi gigi copot berdasarkan tiga pendekatan yang bayak digunakan seseorang untuk memuaskan rasa penasarannya. Kini semuanya kembali kepada diri masing-masing, mana pendekatan yang ingin Anda gunakan dan percayai. Apabila tidak menggubrisnya dan sama sekali menoak gagasan-gagasan tersebut, tidak ada salahnya juga.

Kesehatan Mental Read More

Meski Normal Marah Perlu Dikendalikan, Inilah Cara Meredam Amarah

Setiap orang pasti pernah merasa marah. Mungkin ada  kondisi tertentu yang membuat Anda marah dan hal tersebut sangat normal. Sayangnya, emosi tersebut kadang memiliki kecenderungan untuk memicu perilaku agresif. Pada keadaan demikian, Anda perlu memikirkan cara meredam amarah agar tidak merugikan.

Rasa marah sebetulnya tidak selalu negatif. Cukup banyak perubahan sosial atau pergerakan sosial yang terjadi berawal dari rasa marah. Tidak sedikit juga orang memperoleh energi positif dari kemarahan yang dirasakannya.

Perilaku yang mengikut rasa marah tersebut adalah penentu emosi tersebut positif atau negatif. Apabila rasa marah membuat Anda berteriak-teriak kepada orang lain, melakukan tindakan merusak, bahkan memukul atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, maka jelas sekali emosi ini tergolong negatif dan perlu dikendalikan.

Memang tidak semua amarah berujung agresi. Sebagian orang justru memilih menyendiri ketika merasa marah.

Cara meredam amarah

Berusaha meredam amarah bukan berarti Anda tidak boleh merasa marah. Perlu diingat, Anda boleh merasa marah. Tapi, Anda tidak boleh berperilaku agresif karena Anda merasa marah. Di sinilah cara meredam amarah berperan, agar Anda tidak melakukan tindakan agresi.

Menghindarkan Anda dari penyesalan, lakukanlah cara meredam amarah di bawah ini.

1. Sadari rasa marah

Perlu disadari bahwa merasa marah itu wajar. Ketika Anda merasa marah, terimalah perasaan tersebut.

Pada kondisi kemarahan Anda tidak terkendali, sadari juga bahwa hal tersebut tidak baik. Jika berbagai kondisi sering berujung memicu kemarahan Anda, sadarilah hal tersebut hanya memunculkan persoalan, bukan menyelesaikannya.

2. Merasakan kemarahan, tapi tidak melampiaskan

Duduk dan mengambil napas membantu banyak orang untuk meredakan rasa marah yang meluap-luap. Tarik napas dan rasakan kemarahan, sambil ingatkan diri Anda agar tidak melampiaskan kemarahan dengan tindakan agresif.

3. Penuhi kebutuhan fisik dan psikis

Kondisi fisik dan psikis seseorang memiliki kaitan erat dengan tingkat kemarahan seseorang. Mungkin Anda pernah merasakannya, Anda menjadi lebih murah marah saat stres atau kelelahan, bahkan saat lapar.

Dengan demikian, memahami dan memenuhi kebutuhan fisik dan psikis itu sangat penting bagi kestabilan emosi. Apabila merasa lelah, beristirahatlah. Makanlah segera saat Anda lapar, bila perlu makanlah makanan yang menyenangkan bagi Anda. Hal-hal sederhana tersebut dapat menjadi cara meredam amarah yang sangat efektif.

4. Menjadi lebih empati

Seseorang dapat marah karena tidak memahami orang lain yang menjadi sumber kemarahannya. Sehingga, berusaha lebih empati pada orang lain, dapat membantu Anda meredam amarah.

Misal, saat Anda marah kepada staf karena hal tertentu. Sebelum Anda melakukan tindakan konfrontasi, cobalah berhenti sejenak dan memikirkan alasan staf Anda melakukan hal tersebut atau jika ada di posisi staf, akankah Anda melakukan hal yang sama?

Berusaha lebih empati biasanya cukup berhasil untuk membuat seseorang tidak mudah marah.

5. Melakukan aktivitas fisik

Berbagai penelitian menunjukkan kaitan antara melakukan aktivitas fisik dengan penurunan stres. Oleh sebab itu, aktivitas fisik atau berolahraga juga diklaim sebagai salah satu cara meredam marah yang efektif.

Adapun jenis olahraga yang dipilih, tidak ada kriteria khusus. Anda boleh saja berjalan kaki, berlari, atau bersepeda. Bagi Anda yang lebih nyaman dengan olahraga yang cenderung menenangkan dan sekaligus berupaya meditasi, yoga dapat menjadi pilihan.

Tips cara meredam amarah tersebut mungkin tidak akan efektif bagi semua orang. Jika tips tersebut dirasa tidak efektif bagi Anda, tidak ada salahnya bila Anda mencoba mencari bantuan tenaga profesional, seperti psikolog.

Kesehatan Mental Read More