Ketahui 8 Penyebab Jenggot Gatal Berikut Ini

Ketahui 8 Penyebab Jenggot Gatal Berikut Ini

Bagi pria yang memiliki jenggot, tentu pernah mengalami jenggot gatal bahkan terasa tak tertahankan. Kondisi ini tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman, hingga mengganggu aktivitas harian Anda.

Jenggot gatal bisa saja disebabkan oleh adanya kondisi serius yang harus Anda cari tahu. Ada beberapa penyebab jenggot gatal, mulai dari yang normal hingga yang parah. 

Penyebab Jenggot Gatal yang Perlu Anda Tahu

Berikut beberapa penyebab brewok terasa gatal di semua kondisi, mulai dari penyebab ringan hingga parah. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Rambut Tumbuh ke Dalam

Ingrow hair atau rambut tumbuh ke dalam merupakan penyebab jenggot menjadi gatal. Kondisi ini terjadi karena folikel rambut terhambat oleh sel kulit mati. Sehingga, ketika Anda mencukur brewok, rambut tersebut akan tumbuh justru mengarah ke dalam folikel. 

Akibat kondisi ini, folikel rambut akan meradang dan jenggot menjadi gatal. Biasanya jenggot gatal akibat pertumbuhan rambut ke dalam ini sering terjadi pada pria dengan tipe rambut keriting.

Ketika nantinya Anda merasakan jenggot gatal, kemerahan, bahkan terasa nyeri di area tersebut setelah mencukur, kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi ini. Sehingga Anda perlu waspada, jika ada rambut brewok yang malah tumbuh bukan ke arah yang seharusnya. 

  1. Pertumbuhan Jenggot Setelah Dicukur

Setelah mencukur jenggot pun, akan terasa gatal akibat dari proses pertumbuhan rambut brewok tersebut. Jika gatal disebabkan karena hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan kondisi ringan. 

Kenapa menjadi gatal? Sebab, setelah mencukur, di bagian ujung rambut akan bertekstur tajam dan akan terus berada di dalam folikel rambut hingga rambut jenggot tumbuh. Pada proses inilah, ujung rambut yang tajam akan menggores folikel yang menyebabkan munculnya rasa gatal. 

  1. Kulit Kering dan Sensitif

Kulit kering juga bisa menyebabkan jenggot menjadi gatal dan membuat tidak nyaman. Kulit kering tidak hanya dialami oleh wanita namun juga pria, termasuk pria berjenggot. Selain karena cuaca dan udara kering, kulit kering juga bisa disebabkan oleh seringnya mencuci wajah dengan air panas. 

Bagi pemilik wajah kering juga harus ekstra hati-hati memiliki sabun pembersih wajah maupun produk perawatan kulit lainnya. Agar produksi minyak pada kulit tidak semakin berkurang dan memperparah kondisi kulit dan menyebabkan brewok menjadi gatal. 

  1. Folikulitis

Folikulitis adalah kondisi ketika folikel rambut di bagian jenggot meradang. Folikulitis ini bisa menyebabkan jenggot menjadi gatal.

Penyebab folikulitis ini ada beragam, seperti infeksi bakteri, parasit, jamur, hingga virus. Peradangan folikel ini juga bisa disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut akibat pertumbuhan rambut ke dalam dan penyebab lainnya. 

Ciri-ciri folikulitis di area jenggot ini adalah kulit menjadi kemerahan, lepuhan berisi nanah, dan juga terasa nyeri ketika disentuh.

  1. Eksim Seboroik

Eksim atau dermatitis seboroik juga menjadi salah satu penyebab brewok terasa gatal. Eksim seboroik ini adalah kondisi di mana kulit terasa gatal, merah, hingga menimbulkan sisik yang biasanya muncul di area kulit kepala alias ketombe. 

Nah, eksim seboroik ini juga mungkin terjadi di area jenggot, umumnya pada pria dengan jenis kulit berminyak. Ketika jenggot terasa gatal, biasanya serpihan kulit berupa ketombe ini akan jatuh ketika Anda menggaruknya.

  1. Infeksi Jamur

Jenggot terasa gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur di area wajah. Jamur yang menjadi penyebabnya adalah sejenis jamur dermatofita atau tinea barbae. Ciri-ciri jika terjadi infeksi jamur adalah kulit akan terasa gatal, meradang, memerah, dan berkerak di area mulut, dagu,  hingga pipi. 

  1. Pseudofolliculitis Barbae

Jika folikulitis terjadi ketika folikel meradang akibat pertumbuhan rambut ke dalam, maka pseudofolliculitis barbae ini disebabkan oleh penggunaan pisau cukur yang kurang tepat dan tidak bersih. Sehingga pisau cukur tersebut membuat kulit iritasi. 

  1. Kutu Rambut

Jangan salah, kutu rambut tidak hanya muncul di area kepala saja, melainkan juga bisa muncul di area jenggot. Kutu ini juga bisa menyebabkan jenggot gatal dan menjadi tidak nyaman. 

Kutu rambut bisa saja muncul akibat tidak menjaga kebersihan diri. Bisa juga karena ditularkan oleh orang lain saat Anda berinteraksi dengannya. Misalnya menggunakan handuk atau sisir yang sama.

Kesehatan Pria

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*