Manfaat Rebusan Sereh dan Fakta Gizi yang Terkandung di Dalamnya

Tahukah Anda jika sereh atau serai memiliki banyak sekali manfaat bahgi kesehatan tubuh? Serai merupakan tanaman yang daun dan minyaknya dapat digunakan untuk obat. Tidak hanya itu manfaat rebusan sereh pun dapat mengurangi gejala beberapa penyakit.

Misalnya saja seperti sakit perut, saluran pencernaan, tekanan darah tinggi, kejang , nyeri, muntah, dan berbagai penyakit lainnya. selain memiliki banyak kegunaan, sereh pun memiliki gizi yang cukup baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat rebusan sereh dan fakta gizi yang terdapat pada tanaman tersebut.

Fakta gizi serai

Tumbuhan serai mengandung vitamin, mineral, elektrolit, dan bahan kimia lain yang berfungsi sebagai antioksidan yang berlimpah pada semua bagian serai. Oleh karena itu, ramuan atau manfaat rebusan sereh sangat baik bagi kesehatan.

Daun sereh kaya akan serat kasar, sejenis serat makanan yang membuatnya tinggi karbohidrat. Seratus gram sereh memiliki 99 kalori, tetapi tidak mengandung kolesterol. Sereh juga menganfun nutrisi sebagai berikut dalam 100 gramnya:

  • Folat. Vitamin B ada pada daun dan batang sereh dan terlibat dalam pembelahan sel dan sintesis DNA
  • Vitamin C. Antioksidan yang terkandung dalam sereh dapat memperbaiki jaringan dan mencegah penyakit kudis
  • Vitamin A. Membantu dalam memelihara sistem kekebalan tubuh, pengelihatan, dan pertumbuhan serta perkembangan
  • Magnesium. Mineral penting untuk struktur tulang, sitesis protein, glikolisis (produksi energi), dan fungsi ototo serta saraf
  • Selenium. Antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi kognitif, dan kesuburan
  • Fosfor. Mineral esensial yang membantu membangun tulang, asam nukleat, dan membran sel
  • Besi. Mineral yang merupakan bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan
  • Zinc. Mineral esensial yang terlibat dalam metsbolisme sel yang berperan dalam sintesis protein, penyembuhan luka, sintesis DNA, dan pertumbuhan serta perkembangan normal
  • Vitamin B. Vitamin yang penting untuk metabolisme energi, produksi sel darah, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Manfaat rebusan sereh

  1. Mengobati anemia

Anemia adalah salah satu kondisi di mana seseorang merasa lemah dan lelah akibat kekurangan sel darah merah yang sehat untuk mensuplai oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi rebusan sereh atau seperti membuat teh dapat meningkatkan eritropoiesis (produksi sel darah merah), kemungkinan karena kandungan nutrisinya (asam folat, tiamin, tembaga, zat besi, zinc dan lain-lain), sert sifat antioksidan dan farmakologisnya. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara merebus serai bersama air. Dan air rebusan tersebut dapat langsung Anda minum.

  • Meningkatkan kesehatan mental

Efek penguatan dari serai dapat meredakan kecemasan, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kepercayaan diri dan semangat. Selain rebusan serai, minyak serai pun dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk menghilngkan stres, kecemasan dan insomnia.

  • Meredakan peradangan

Minum air rebusan sereh dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh, karena sifat anti-inflamasi yang terkandung pada tanaman tersebut. Inflamasi atau peradangan dapat terjadi dikarenakan adanya infeksi bakteri, pola makan yang tidak sehat serta alergi.

  • Mengatasi gangguan perut

Mengonsumsi air rebusan sereh memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai pathogen seperti Helicobater pylori dan Escherichia coli. Hal ini juga bermanfaat dalam pencegahan gangguan pencernaan seperti tukak lambung, membantu merangsang fungsi usus, dan meningkatkan pencernaan. Khasiat lain dari inflamasi yang terdapat pada sereh adalah untuk mengobati sembelit, radang usus besar, diare, mual dan sakit perut.

  • Menurunkan koleterol

Sereh memiliki sifat anti hiperlipidemik dan anti hiperkolesterol yang mendukung kadar kolesterol sehat. Sebuah penelitian telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Hal ini pun dapat membantu mencegah penumpukan lipid di pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang tidak terhalang di arteri, mencegah berbagai gangguan jantung seperti aterosklerosis.

Manfaat rebusan sereh lainnya, adalah:

  • Mengobati infeksi, sebagai antiseptik untuk mengobati sariawan, kudis, infeksi saluran kemih
  • Meningkatkan imunitas
  • Kesehatan seluler, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas
  • Obesitas, mengandung citral yang terbukti efektif melawan obesitas
  • Mendetoksifikasi tubuh, dan membersihkan serta membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh
  • Mengobati insomnia
  • Diabetes tipe 2, citral yang terkandung dalam sereh dapat membantu menjaga tingkat insulin yang optimal.

Meskipun, manfaat rebusan sereh banyak sekali, namun Anda harus menghindari serai jika sedang hamil atau menyusui. Pasalnya, sereh dapat memulai aliran menstruasi, dan menyebabkan kekhawatiran akan keguguran.

Selain itu, sifat antioksidan dalam sereh dapat mengurangi efektivitas pengobatan kemoterapi. Konsultasikan dengan dokter Anda jika sebelumnya Anda mngonsumsi rebusan serai.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*