Menakar Mimpi Gigi Copot Lewat Islam, Primbon, & Psikologi

Bagi sebagian orang mimpi adalah bunga tidur yang menyemarakkan pengalaman tidur Anda. Namun, tak sedikit pula yang meyakini bahwa mimpi merupakan suatu pesan tersembunyi yang dikirimkan untuk memberi tahu si pemimpi akan sesuatu yang bakal dialaminya di dunia nyata. Salah satu mimpi yang banyak dikulik dan memiliki beragam tafsir adalah mimpi gigi copot.

Dikatakan bahwa seseorang yang bermimpi kehilangan gigi tengah terancam oleh kemalangan. Lebih jelas bahwa kemalangan tersebut dikait-kaitan dengan kematian. Di bawah ini ada beberapa kemungkinan dari mimpi gigi copot yang didapat dari tiga kacamata berbeda, yakni islam, primbon, dan psikologi. Apa saja kemungkinan itu, berikut informasi lengkapnya:

  • Islam

Jika kita membuka-buka turats Islam, di sana ada satu dari sekian banyak kitab yang memuat arti-arti mimpi dalam tidur manusia, salah satunya adalah mimpu gigi copot. Menurut Abdul Ghani al-Nabulsi, “Gigi di dalam mimpi menunjukkan ujung atau batas ajal dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Keterangan ini dapat dirujuk di dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Selain kitab ini, banyak juga kitab-kitab lain yang telah membahas persoalan yang sama, seperti Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam, dan lain sebagainya.

Gigi di samping sebagai simbol keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan, kadangkala ia juga berarti harta, binatang ternak, raja, harta simpanan, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

Jika dalam mimpinya seseorang merasakan atau melihat bahwa giginya goyah atau bergerak, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu keluarganya akan mengalami sakit, tergantung di bagian mana gigi tersebut goyah. Sedangkan bila mana seseorang bermimpi bahwa salah satu dari giginya copot, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu dari orang terdekatnya akan meninggal atau ia akan menghilang dan tidak akan kembali lagi.

Adapun jika seseorang melihat dalam mimpinya gigi yang copot namun ia masih mengenggamnya, maka ia akan menemukan ganti keluarga baru sebagaimana keluarga lama yang telah pergi. Sebaliknya jika ia menguburnya, maka keluarga yang pergi tidak akan kembali, juga tidak akan menemukan ganti keluarga yang baru.

Jika seseorang melihat giginya di dalam mimpi penuh dengan karang gigi yang hitam, menurut al-Nabulsi keluarganya akan mendapatkan ujian berupa aib atau cacat yang ditimbulkan oleh perbuatan mereka sendiri.

  • Primbon

Tak jauh berbeda dengan tafsir mimpi melalui pendekatan islam, mimpi gigi copot berdasarkan pandangan primbon juga dikat-kaitkan dengan suatu kemalangan yang akan menimpa si pemimpi.

Ada beberapa versi yang beredar, satu sumber mengatakan bahwa kemalangan yang menanti si pemimpi masih bersifat abstrak, artinya belum dapat diartikan atau dijelaskan secara pasti. Kemalangan itu bisa saja bersifat ringan atau berat. Bahkan beberapa ada yang percaya bahwa kemalangan ini bisa jadi adalah kematian, bisa jadi orangtua atau anggota keluarga akan segera di panggil oleh Yang Maha Kuasa

Sementara itu, sumber lainnya secara terang-terangan menafsirkan kemalangan yang akan diterima setelah mimpi gigi copot. Disebutkan bahwa gigi tertentu mewakilkan satu kemalangan yang spesifik, misal: bila yang tanggal di dalam mimpi adalah gigi bagian atas, seseorang akan kehilangan kerabat, sedangkan gigi bagian bawah menandakan yang akan mendapat musibah adalah keluarga.

  • Psikologi

Dari pendekatan psikologi, mimpi gigi copot diartikan amat berbeda dari dua pendekatan sebelumnya. Bidang keilmuan ini mencoba menarik dan menyimpulkan bahwa mimpi itu memiliki keterkaitan dengan kondisi psikologis seseorang.

Beberapa kondisi seperti stres, kecemasan berlebih, dan kecemburuan digadang-gadang menjadi sebab utama seseorang mengalami mimpi gigi copot dalam tidurnya. “Hasil tafsiran” mimpi melalui kacamata psikologi ini diyakini muncul melalui beberapa penelitian atau setidaknya pengamatan yang mengindahkan aspek-aspek scientist.

Berbeda dengan dua pendekatan sebelumnya, islam dan primbon, yang bisa dibilang ditafsirkan melalui “pengalaman” spiritual si penafsir.

***

Itulah beberapa tafsir mimpi gigi copot berdasarkan tiga pendekatan yang bayak digunakan seseorang untuk memuaskan rasa penasarannya. Kini semuanya kembali kepada diri masing-masing, mana pendekatan yang ingin Anda gunakan dan percayai. Apabila tidak menggubrisnya dan sama sekali menoak gagasan-gagasan tersebut, tidak ada salahnya juga.

Kesehatan Mental

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*