Nyaman Dengan Kacamata Baru, Ini Caranya!

Kacamata baru sering kali membuat seseorang pusing atau tidak nyaman saat digunakan dalam waktu tertentu. Bahkan tidak jarang seseorang yang samapai membeli kembali kacamata lain yang lebih membuatnya nyaman. 

kacamata baru

Keluhan yang paling sering diutarakan adalah pusing atau sakit kepala. Terkadang sakit kepala bisa menyebabkan rasa sakit di sekitar mata Anda. Mekipun hal tersebut bukanlah keadaan darurat medis, namun alangkah baiknya jika Anda dapat dengan nyaman menggunakan kacamata baru. Berikut cara nyaman menggunakan kacamata yang baru. 

  1. Beli kacamata sesuai ukuran

Umumnya, banyak orang pusing dan sakit kepala saat menggunakan kacamata baru. Salah satu cara untuk mengatasainya adalah dengan membeli kacamata yang sesuai dengan ukuran yang Anda gunakan. Pasalnya, menggunakan kacamata dengan frame yang semput atau ketat dapat menimbulkan tekanan pada hidung dan telinga, akhirnya bisa mneyebabkan sakit kepala. 

  1. Lensa yang sesuai

Saat membeli kacamata baru, pastikan untuk memeriksakan kembali kondisi mata Anda lagi. Pastikan lagi, apakah ukurannya sudah benar atau belum. Karena, jika pengukuran salah dan saat menentukan ukuran pun salah, maka dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Dan, bila lensa kacamata terlalu kuat ataupun terlalu lemah, serta tidak sesuai dengan kebutuhan mata Anda maka otot mata akan tegang dan memicu pusing pada kepala. 

Jadi, disarankan untuk memeriksakan kembali kondisi lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata Anda. dengan begitu Anda akan merasa nyaman dan tidak mengalami sakit atau pusing saat menggunakan kacamata baru. 

  1. Adaptasi dengan lensa baru

Nah, setelah memeriksakan mata dan ternyata Anda harus mengganti lensa, baik menambahkan atau mengurangi ukurannya, maka Anda pun perlu beradaptasai dengan lensa baru. Umumnya, Anda hanya perlu waktu beberapa kali pakai untuk beradaptasi dengan lensa baru tersebut. 

  1. Kenakan lebih sering

Cara terbaik untuk beradaptasi dengan kacamata Anda yang baru adalah dengan sering-sering menggunakannya. Jangan gunakan kacamata lama Anda, dan kenakan kacamata baru sesering mungkin. Mendapatkan kacamata baru tentu hal yang sangat menyenangkan. Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu melalui periode penyesuaian terlebih dahulu untuk kemudian akan terbiasa dengan sendirinya. 

Masalah dengan kacamata baru

Anda mungkin mengalami sejumlah masalah dengan pengelihatan selama periode menyesuaikan untuk kacamata baru Anda. Beberapa diantaranya termasuk:

  • Ketegangan mata. Anda mungkin mengalami ketegangan mata di hari-hari pertama Anda memakai kacamata baru.
  • Distorsi. Bagian yang berbeda dari pengelihatan Anda mungkin akan berubah sedikit saat Anda menyesuaikan dengan kacamata baru, mungkin tergantung seberapa jauh dari jarak Anda ke sebuah benda. 
  • Fishbowl. Gambar mungkin tampak “bengkok” di bagian tepinya. Bagian tengah gambar mungkin terlihat jelas. 
  • Persepsi kedalaman. Anda mungkin merasa sulit untuk membedakan seberapa jauh atau seberapa dekat suatu objek pada awalnya.
  • Sakit kepala. Ini adalah salah satu kondisi yang paling sering dialami dan lumayan membuat khawatir. Jika kacamata menyebabkan Anda sakit kepala, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda. 

Berapa lama penyesuaian dibutuhkan?

Sebagian besar ahli perawatan mata akan memberitahu Anda bahwa mungkin perlu dua hingga tiga hari untuk menyesuaikan dengan perubahan normal dalam resep mata. Tetapi, penyesuaian berlangsung hingga dua minggu dalam beberapa kasus yang jarang sekali terjadi. 

Hal yang mmebuat Anda perlu beradaptasi adalah adanya perubahan pada ukuran minus atau plus pada kacamata baru Anda, perubahan lensa progresif, atau perubahan frame yang Anda pilih.  

Jadi, beradaptasi dengan kacamata baru memang memerlukan waktu hingga Anda benar-benar terbiasa dengan yang baru dan melupakan kacamata lama Anda. Gunakan sesering mungkin dan terus membiasakan diri.  

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*