Nyaman Saat Lari? Ini Cara Memilih Sepatu Lari yang Cocok!

Lari merupakan olahraga yang paling sering dan mudah dilakukan. Selain karena mudah, olahraga ini pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Namun, tahukah Anda jika pemilihan sepatu sangat penting untuk olahraga ini?

sepatu lari

Jika Anda salah memilih sepatu untuk lari, maka kemungkinan cedera pun semakin tinggi saat Anda melakukan olahraga tersebut. Tidak hanya itu, sepatu yang nyaman dapat membuat olahraga pun merasa nyaman. 

Cara memilih sepatu lari

Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih sepatu lari yang pas dan terasa nyaman. 

  1. Pertimbangkan ke mana Anda berencana lari

Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan sepatu seperti apa yang akan Anda pilih. Misalnya saja sepatu untuk lari di lintas alam atau perbukitan tentu berbeda saat Anda akan lari di jalanan biasa. 

Sepatu lari di jalan raya, dirancang untuk menginjak suatu yang keras dan sesekali terjun ke permukaan yang padat dengan sedikit ketidakteraturan. Pilih sepatu yang:

  • Ringan dan fleksibel, mereka dibuat untuk melindungi atau menstabilkan kaki selama langkah berulang pada permukaan yang keras dan rata. 
  • Sepatu lari di jalan raya harus memiliki sol yang lebih rata dan lebih halus untuk menciptakan permukaan yang konsisten untuk berlari di jalan beraspal. 

Sepatu lari, dirancang untuk rute off-road dengan bebatuan, lumpur, akar, atau rintangan lainnya. 

  • Mereka memiliki lug atau sol yang lebih besar daripada sepati lari di jalan raya untuk pegangan yang lebih baik di medan yang tidak rata. 
  • Anda dapat memilih sepatu yang kadang dilapisi dengan plat di bawah kaki untuk membantu melindungi kaki Anda dari batu atau benda tajam lainnya. 
  • Sepatu yang dikhususkan untuk lari di rute off-road biasanya lebih kaku dibagian sol bawah yang akan melindungi kakai saat melintas pada jalur yang kasar atau permukaan tidak rata, atau bebatuan di bukit. 
  1. Jangan memilih sepatu karena warnanya

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat memilih sepatu lari adalah jangan terpaku pada warna nya saja atau berdasarkan penampilan terlebih dahulu. Utamakan hal-hal penting terlebih dahulu yang sesuai dengan kabutuhan kaki Anda. 

  1. Jangan tergiur harga yang murah

Sepatu lari dengan kualitas yang baik tentu memiliki harga yang juga tidak murah, terlebih lagi jika sepatu tersebut dari brand tertentu yang khusus mengeluarkan sepatu khusus lari. Jadi, jangan tergiur oleh harga sepatu yang murah, tetapi kualitasnya tidak terjamin. Hal tersebut justru bisa melukai kaki saat berlari. 

  1. Pilih ukuran yang pas

Memilih sepatu lari jangan terlalu ketat,namun harus pas. Pastikan ada sedikit celah untuk di bagian depan sepatu lari Anda, namun jangan menyisakan terlalu banyak celah. 

Apa yang Anda inginkan dari sepatu?

Saat memilih sepatu untuk lari, kenyamanan memang yang paling utama. Namun, Anda pun bisa memilih sepatu yang sesuai dengan keinginan Anda dan kenyamanan sesuai dengan kebutuhan kaki Anda. 

Bantalan. Sepatu lari memiliki bantalan yang tipis, sedang maupun agak tebal. Nah, Anda dapat memilih sepatu dengan bantalan yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah Anda perlu tambahan bantalan di bawah kaki atau tidak. 

Ada beberapa sepatu yang memiliki bantalan lebih tinggi di bawah kaki, yang dapat membuat Anda merasa nyaman saat berlari atau jalan sekalipun. Untuk sepatu lari, Anda pun perlu mempertimbangkan bantalan tersebut. 

Pastikan sepatu pas saat dikenalan. Jadi, saat Anda memilih sepatu harus pas untuk ukuran dan kenyamanannya. Jangan pilih sepatu yang agak kebesaran ataupun terlalu pas yang bisa menyebabkan kaki kesempitan. 

Bagaimana, tidak sulit bukan cara memilih sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan kaki Anda. Beberapa cara memilih sepatu di atas dapat Anda ikuti agar terhindari dari risiko saat berlari. Jadi, jangan salah memilih sepatu lari ya!

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*