Mengenal Protanopia, Buta Warna yang Tak Kenal Warna Merah

Buta warna merupakan kelainan yang terjadi pada mata yang tidak dapat mengenali perbedaan warna dengan jelas. Salah satu jenis buta warna adalah protanopia yang tidak dapat membedakan warna merah secara jelas.

Retina mata manusia didukung oleh sel-sel dengan tugas dan perannya masing-masing. Proses penglihatan warna pada manusia dibantu oleh dua jenis sel, yaitu sel batang dan kerucut.

Sel batang memiliki tugas untuk membantu penglihatan yang berada dalam cahaya yang minim dan hanya dapat membedakan warna hitam serta putih. Sementara itu, sel kerucut berfungsi untuk membedakan warna.

Berdasarkan pembagian, sel kerucut dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan pada sensitivitas pada gelombang cahaya yang menentukan warna. Jika sel kerucut L sensitif terhadap cahaya merah, maka sel kerucut M dan S memiliki sensitivitas pada cahaya hijau dan biru. Dalam kasus protanopia, sel kerucut L tidak dapat menangkap sinar merah pada retina, sehingga orang yang bersangkutan sulit membedakan objek yang berwarna merah.

Seseorang yang mengalami protanopia akan melihat objek berwarna merah menjadi warna hitam dan warna oranye, hijau, serta kuning akan terlihat berwarna kekuningan.

Apa yang menjadi paenyebab protanopia?

Kesalahan genetik dan sel genetik yang diturunkan oleh garis keturunan diduga menjadi faktor utama penyebab protanopia. Protanopia seringkali dihubungkan dengan kromosom seks X pada manusia dan memiliki sifat resesif atau tidak dominan.

Bagaimana cara mendiagnosis protanopia?

Diagnosis protanopia dilakukan dengan pemeriksaan penunjang, seperti tes warna Ishihara. Tes warna Ishihara adalah tes yang menggunakan media buku. Dalam buku tersebut, berisikan halaman-halaman dengan lingkaran besar, seperti piring yang tersusun dari lingkaran-lingkaran kecil yang memiliki warna dan ukuran yang berbeda-beda. Kumpulan lingkaran kecil tersebut akan membentuk angka dengan warna yang berbeda dengan warna lingkaran lainnya.

Tes ini hanya dapat dilakukan di puskesmas atau klinik terdekat yang dapat dilakukan oleh dokter umum. Pada umumnya, dokter akan mengacak halaman yang ditunjukkan pada pasien agar menghindari pasien menghafal urutan angka yang tertera pada buku.

Penyakit Read More

Diagnosa dan Penanganan Corona

COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus, telah menyebar ke seluruh penjuru bumi. Tidak berapa lama setelah virus tersebut ditemukan pada akhir Desember 2019, banyak laboratorium mencoba menciptakan pengobatan yang efektif untuk merawat pasien dengan kondisi ini. Sayangnya, saat ini, penanganan corona dalam bentuk obat-obatan belum ditemukan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit )CDC), penanganan corona hanya sebatas pemberian obat-obatan penyakit flu dan penyakit pernapasan lain, sebagai bagian dari “supportive care”. Pengobatan ini akan mengobati gejala-gejala yang ditimbulkan oleh COVID-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Diagnosa corona

Apabila Anda memiliki tanda-tanda penyakit corona (COVID-19) dan Anda telah terpapar virus tersebut, segera hubungi dokter. Beritahu dokter bahwa Anda baru saja bepergian ke daerah-daerah di mana COVID-19 sedang menyebar menurut CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, beritahu dokter apabila Anda melakukan kontak langsung dengan orang yang telah tediagnosa menderita COVID-19.

Adapun penanganan corona yang selanjutnya tergantung pada hasil tes COVID-19 berdasarkan gejala dan tanda-tanda yang Anda miliki. Untuk memutuskan apakah Anda akan mendapatkan tes COVID-19, dokter akan mempertimbangkan apakah Anda telah melakukan kontak fisik dengan seseorang yang terdiagnosa COVID-19 atau pernah bepergian ke negara-negara yang memiliki kasus corona yang tinggi dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Dalam tes COVID-19, dokter akan mengambel sampel termasuk sampel saliva (sputum), sekaan hidung, dan sekaan tenggorokan untuk dikirim ke laboratorium.

Penanganan dan perawatan corona

Saat ini, belum ada obat-obatan antivirus yang direkomendasikan sebagai penanganan corona. Perawatan dan pengobatan lebih ditujukan pada usaha mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat COVID-19, seperti ibuprofen sebagai pereda rasa sakit, obat batuk, isitrahat, dan konsumsi air yang cukup. Apabila dokter Anda berpikir penanganan corona dapat dilakukan di rumah, ia akan memberikan arahan khusus seperti melakukan isolasi sebaik mungkin jauh dari keluarga ataupun hewan peliharaan saat Anda sakit dan tetap berada di dalam rumah selama beberapa waktu. Apabila sakit Anda cukup parah, Anda mungkin harus dirawat di rumah sakit.

Penanganan corona dalam bentuk dukungan moral

Anda mungkin merasakan sedikit stres saat outbreak coronavirus terjadi. Anda mungkin akan merasa takut, cemas, dan memiliki gangguan tidur. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi penanganan corona untuk melawan stres saat outbreak COVID-19 terjadi:

  • Hindari menonton TV atau membaca berita tentang COVID-19 yang akan membuat Anda merasa cemas
  • Apabila Anda benar-benar ingin tahu kondisi terbaru, batasi membacan berita atau menonton berita seputar COVID-19 setidaknya satu atau dua kali dalam sehari
  • Dapatkan fakta mengenai COVID-19 dan bagikan dengan yang lain. Pastikan Anda mendapatkannya dari sumber yang terpercaya seperti CDC ataupun WHO
  • Jaga kesehatan Anda, makanlah makanan yang sehat, tidur cukup, dan berolahragalah dengan teratur. Anda bisa melakukan latihan meditasi dan peregangan
  • Hindari konsumsi alkohol dan merokok
  • Lakukan hal-hal yang Anda sukai seperti membaca buku, menonton TV, atau berjalan-jalan
  • Cobalah untuk berpikir postif dan optimistis

Penanganan corona selanjutnya adalah mempersiapkan untuk membuat janji dengan dokter. Saat berkonsultasi dengan dokter, Anda ingin membicarkan seputar gejala yang ditimbulkan, riwayat perjalanan Anda, informasi penting seputar perubahan di kehidupan Anda (stres, riwayat medis keluarga), obat-obatan dan vitamin yang sedang Anda konsumsi, serta pertanyaan-pertanyaan tertentu yang ada di pikiran Anda tentang COVID-19.

Penyakit Read More

Wanita Rentan Memiliki Kolesterol Tinggi? Cari Tahu Faktanya!

Kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia bersifat paradoksal. Artinya, dia memiliki peranan yang bertolak belakang satu sama lain. Di satu sisi, kolesterol dibutuhkan lantaran berfungsi menjaga keseimbangan dalam serangkaian mekanisme tubuh. Namun, di sisi lainnya, ia amat membahayakan karena berpotensi menyebabkan sumbatan di pembuluh darah. Akan tetapi, semuanya tergantung kondisi. Kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai.

Kolesterol tinggi adalah suatu keadaan dimana tingkat kolesterol LDL dalam darah terlalu tinggi atau rendahnya tingkat kolesterol HDL. Sebelumnya perlu diinformasikan mengenai perbedaan jenis kolesterol:

  • Kolesterol jahat (LDL)

Kolesterol jahat merupakan zat yang bisa menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Jenis kolesterol ini perlu dikendalikan agar kadarnya tidak terlalu tinggi. Sebab, kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi berhubungan erat dengan kejadian penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

  • Kolesterol baik (HDL)

Kolesterol baik membantu tubuh untuk menyingkirkan lemak-lemak jahat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Kadar kolesterol baik yang tinggi disebut mampu menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Nah, dari penjelasan mengenai perbedaan jenis kolesterol di atas dapat ditarik sebuah simpulan; agar semuanya kondusif, pertahankan HDL agar ia dapat mengendalikan kadar LDL sehingga Anda bisa bebas dari ancaman penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah.

  • Kolesterol Tinggi dan Wanita

Para ahli kesehatan menganjurkan kepada para wanita untuk selalu waspada terhadap “bom waktu” di dalam dirinya. Mengapa wanita yang disarankan untuk lebih peka terhadap kadar kolesterol?

Pasalnya, banyak sekali wanita yang tidak memberikan perhatian lebih terhadap kadar kolesterolnya. American Heart Association mencatat sebanyak 76 persen wanita tidak mengetahui jumlah kolesterol yang ada di tubuhnya. Sementara sebanyak 45 persen wanita di atas usia 20 tahun tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kadar kolesterol tinggi, yakni di atas 200 mg/dl. Artinya, sebanyak itu pula orang yang tidak mengetahui apakah ia memiliki kadar kolesterol yang melewati batas normal atau tidak.

Ini berbahaya, sebab kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke pada wanita, khususnya bila mereka sudah memasuki usia menopause. Pasalnya, usia menopause membuat wanita memiliki kadar kolesterol tinggi, sementara kadar kolesterol baik menjadi lebih rendah.

Jadi, bayangkan saja, jika sebelum memasuki masa-masa menopause Anda sudah memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, kemungkinan Anda untuk memiliki kadar LDL di atas normal saat usia tua juga semakin besar. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit pembuluh darah.

Lebih dari itu, tak sedikit pula wanita yang mengaku tidak mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, daging merah, santan, ataupun jeroan, tetapi ia memasok kalori yang sangat banyak setiap kali makan. Kelebihan kalori tersebut berhubungan dengan penumpukan trigliserida, yaitu sejenis lemak jahat biasanya diukur bersama kolesterol. Semakin tinggi kadar trigliserida, kemungkinan Anda untuk terkena obesitas, diabetes, gangguan tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan penyakit ginjal juga semakin besar.

Lantas, berapa, sih, kadar kolesterol yang aman di dalam tubuh manusia, umumnya wanita?

  • Ambang batas yang dianjurkan oleh dunia medis adalah tidak melebihi 200 miligram per desiliter (mg/dL) total kolesterol (angka ini merupakan kombinasi HDL dan LDL).
  • Jumlah kadar HDL yang dianjurkan adalah 50 mg/dL atau lebih. Karena HDL adalah kolesterol yang bersifat baik, maka jumlahnya pun sebaiknya diupayakan agar lebih tinggi.
  • Karena sifatnya jahat, sebaiknya para wanita fokus untuk tetap menjaga angka LDL di bawah 100 mg/dL.
  • Angka LDL bagi mereka yang memiliki riwayat dan/atau risiko penyakit jantung malah disarankan lebih rendah daripada itu, yakni tak lebih dari 70 mg/dL.
  • Adapun jika angka LDL wanita telah melampaui 130 mg/dL, sebaiknya waspada dan upayakan untuk sesegera mungkin menurunkan kadarnya. Jika tidak, kolesterol tinggi ini bisa menjadi senjata mematikan buat Anda sendiri.

Sebenarnya, tak sulit untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Para wanita cukup untuk menjaga pola dan gaya hidup sehat. Hal ini penting, sebab kadar kolesterol amat dipengaruhi oleh apa yang dilakukannya sehari-hari.

Apa yang dia makan atau konsumsi, rajin atau tidaknya berolahraga, hingga pengaruh berat badan amat merupakan instrumen kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang. Khusus untuk Anda yang memiliki riwayat atau risiko khusus, seperti faktor keturunan, menjadi amat penting agar dapat mengendalikan laju kadar kolesterol Anda. Kolesterol tinggi mudah sekali “meledak” di kelompok rentan tersebut.

Penyakit Read More

Daftar Obat Jamur Kulit Alami

Obat jamur kulit dapat berbentuk krim atau salep yang bisa langsung dioleskan

Jamur kulit biasanya mampu menyerang tubuh manusia di area mana saja, dampak yang ditimbulkan biasanya seperti mengalami gatal-gatal tak jelas. Bisa mulai dari kulit kepala hingga area sensitif sekitar selangkangan, untuk itu diperlukan obat jamur kulit guna mengatasi masalah tersebut. Selain obat kimia, ada pula obat alami yang bisa dipakai.

Beberapa jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur di antaranya kadas, kurap, ruam dan panu. Selain itu jamur juga lebih sering menyerang anak-anak meskipun sangat memungkinkan orang dewasa juga mengalaminya. Munculnya jamur bisa dikarenakan banyak sebab, salah satunya karena kebersihan tubuh kurang terjaga.

Obat Jamur Kulit Alami

Obat untuk jamur yang alami bisa didapatkan dengan mudah dan tidak repot dalam mencarinya, beberapa bahan alami ini biasanya bahkan bisa ditemui di dapur rumah. Sebelum memutuskan memakai obat berbahan alami, ada baiknya untuk mengonsumsi obat berbahan alami untuk mengatasi jamur, berikut di antaranya.

  • Kunyit

Bahan yang satu ini sudah dikenal lama sebagai obat alami mengatasi anti radang, anti bakteri hingga anti jamur. Semua manfaat yang terdapat di kunyit diperoleh dari adanya kandungan kurkumin di dalamnya, selain itu pemakaian bahan ini untuk pengobatan jamur di kulit juga tidak terlalu sulit hanya dengan menumbuk halus hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, oleskan tumbukan kunyit pada bagian atau area kulit yang terinfeksi jamur, biarkan hingga kering. Jika sudah kering bilas dengan air sampai bersih untuk mendapatkan hasil yang ampuh lakukan cara ini setiap hari dan rutin.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya juga merupakan obat alami yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan karena jamur. Bahan ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa, kemampuan mengatasi jamur yang dimiliki lidah buaya tak lepas dari kandungan antiseptik alami di dalamnya.

Cara menggunakan bahan ini juga sangat mudah dan tidak membahayakan si penggunanya, ketika dipakai akan muncul sensasi rasa dingin pada kulit. Cukup dengan mengoleskan potongan lidah buaya tepat di area kulit yang terkena serangan jamur.

  • Cuka Apel

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi jamur kulit dan sudah terbukti secara medis adalah cuka apel, hal ini dikarenakan kandungan senyawa anti jamur yang kuat pada cuka apel. Salah satunya, asam malat dengan fungsi antibakteri dan juga sangat berguna dalam membasmi jamur kulit. 

Cara menggunakan cuka apel juga mudah, yakni cukup dengan mengoleskan beberapa tetes cuka apel di area kulit yang terserang jamur. Lakukan cara ini secara rutin agar jamur di kulit segera hilang dan kulit pun sembuh dari bahaya jamur.

  • Minyak Kelapa

Bisa dibilang bahan alami yang satu ini juga dapat dengan mudah ditemukan di rumah, menurut penelitian minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati infeksi kulit ringan hingga sedang. Terutama infeksi kulit yang disebabkan karena munculnya jamur, cara menggunakannya juga mudah.

Persiapkan minyak kelapa dalam kondisi sudah hangat, ini tentunya memaksa para pengguna untuk menghangatkannya terlebih dahulu. Setelah itu, jika sudah hangat oleskan minyak kelapa di area kulit yang telah terinfeksi, lakukan secara rutin agar kulit yang terserang jamur segera sembuh.

  • Minyak Pohon Teh

Obat jamur kulit berbahan alami selanjutnya adalah minyak pohon teh, bahan ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri. Tentunya dua kandungan tersebut sangat bagus dan cocok untuk dijadikan obat pembasmi jamur di area kulit tubuh yang terserang.

Penyakit Read More

Bronkitis: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyakit bronkitis terjadi karena peradangan dan pembengkakan di bagian tenggorokan. Saluran pada tenggorokan terganggu disebabkan karena jumlah lendir yang terkumpul  di dalam tenggorokan lebih banyak dari biasanya.

Penyakit bronkitis dialami ketika trakea memproduksi lendir untuk menangkap debu dan partikel lain sehingga menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan. Jika saluran pada pernapasan terhambat karena lendir yang terkumpul, cara mengeluarkan lendir adalah dengan batuk.

Penyakit bronkitis dibagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronik. Bronkitis akut terjadi disebabkan karena saluran pernafasan yang terhambat oleh infeksi, bisa disebabkan karena virus. Bronkitis kronik merupakan penyakit yang lebih serius dari bronkitis akut. Penyakit tersebut terjadi karena adanya iritasi atau peradangan pada cabang tenggorokan yang biasanya disebabkan karena merokok.

Bronkitis akut dan bronkitis kronik bisa terjadi pada siapa saja. Namun penyakit bronkitis akut biasanya terjadi pada anak di bawah 5 tahun, sedangkan penyakit bronkitis kronik terjadi pada orang-orang di usia 40an.

Gejala Bronkitis

Gejala-gejala yang kemungkinan dialami manusia ketika mereka terkena penyakit bronkitis antara lain:

  • Batuk-batuk yang mengeluarkan warna lendir yang berbeda (putih, hijau, atau kuning).
  • Sesak nafas.
  • Kadang-kadang mengeluarkan suara siul ketika bernafas.
  • Demam.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin.
  • Kelelahan.
  • Rasa nyeri pada dada.

Gejala yang disebabkan penyakit bronkitis akut tidak terlalu serius, hanya berlangsung selama sekitar satu minggu. Gejala yang disebabkan penyakit bronkitis kronik adalah penyakit yang lebih serius karena berlangsung selama 3 bulan atau lebih.

Penyebab Bronkitis

Penyakit bronkitis disebabkan karena faktor sebagai berikut:

  1. Virus

Virus adalah penyebab utama terjadinya penyakit bronkitis. Virus tidak hanya berpotensi menyebabkan gejala flu, namun bronkitis juga bisa dialami oleh sebagian orang. Virus menyebar dalam jutaan partikel ke udara ketika manusia bersin.

  • Polusi udara

Polusi udara adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit bronkitis. Polusi yang tersebar di udara bisa berupa asap kendaraan, debu, bahkan gas beracun di sebagian tempat kerja.

  • Merokok

Salah satu penyebab terjadinya penyakit bronkitis secara umum adalah merokok. Zat adiktif yang ada pada kandungan rokok mengakibatkan radang tenggorokan. Orang-orang yang mudah berpotensi mengalami penyakit bronkitis adalah perokok berat.

Pengobatan

Anda dapat mencegah penyakit bronkitis dengan menggunakan obat. Obat yang dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah obat parasetamol atau ibuprofen. Anda sebaiknya tidak menggunakan obat antibiotik karena tidak membantu menjaga daya tahan tubuh.

Anda sebenarnya juga tidak perlu menggunakan obat untuk mengatasi penyakit bronkitis akut karena penyakit tersebut akhirnya akan sembuh sendiri. Namun jika Anda mengalami bronkitis kronik, kemungkinan akan membutuhkan perawatan khusus.

Cara-cara mengatasi penyakit bronkitis dapat dilakukan secara alami. Anda hanya perlu:

  • Minum yang banyak agar mencegah dehidrasi dan menjaga daya tahan tubuh.
  • Berolahraga secara teratur setiap minggu supaya menjaga kesehatan tubuh.
  • Konsumsi makanan yang sehat berupa buah-buahan dan sayuran.
  • Jangan merokok, khususnya bagi Anda yang perokok berat karena mudah terkena penyakit bronkitis.
  • Selalu cuci tangan dengan sabun untuk mencegah kuman menyerang ke dalam tubuh.
  • Jika Anda rentan terhadap polusi, Anda sebaiknya memakai masker untuk mencegah asma.

Perawatan

Jika Anda terus mengalami penyakit bronkitis, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter. Anda mungkin punya efek samping yang mengakibatkan gejala tertentu sehingga gejala yang dialami memburuk penyakit bronkitis.

Kemungkinan efek samping yang dialami antara lain:

  • Suhu tubuh tinggi selama lebih dari 3 hari, kemungkinan terjadi pneumonia.
  • Batuk lendir berlumuran darah.
  • Kondisi jantung yang lemah.
  • Anda cenderung terengah-engah ketika bernafas.

Jika Anda mengalami efek samping seperti di atas, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan diagnosis pada tubuh Anda yang meliputi x-ray (untuk pneumonia), pemeriksaan dahak, dan pemeriksaan fungsi pada paru-paru (jika berpotensi asma).

Selain itu, dokter juga menyarankan untuk mengkonsumsi obat antibiotik jika orang-orang mengalami bronkitis. Namun, penggunaan antibiotik khusus:

  • Orang yang mengalami gejala pneumonia.
  • Orang yang memiliki penyakit jantung, ginjal, atau paru-paru.
  • Orang yang memiliki kekebalan tubuh atau sistem imun yang lemah.
Penyakit Read More