perkembangan anak 20 bulan

Tips Mendukung Tahapan Perkembangan Anak 20 Bulan

Dalam perkembangan anak 20 bulan, ia akan semakin antusias dengan musik. Jika buah hati Anda senang mendengar, bergoyang, atau menyanyikan lagu, ini akan sangat baik untuk pertumbuhannya. Musik adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat jaringan saraf otak dan punya kaitan erat dengan kemampuan akademis seperti menghitung dan membaca.

Untuk terus mengasah perkembangan anak 20 bulan dengan musik, gunakan tips berikut ini:

  • Aktif memutar dan menyanyikan lagu populer anak-anak. Prioritaskan musik seperti memutar lagu, alih-alih melihat tayangan visual layaknya televisi atau gadget.
  • Sisipkan pelajaran dalam sesi bernyanyi riang, misalnya mengajarkan angka, huruf, anggota tubuh, dan semacamnya.
  • Ajak si kecil bermain alat musik dari mainan atau benda-benda dalam rumah.
  • Bukan cuma mendengarkan musik, ajak juga si kecil aktif bergoyang dan menari.
  • Mengajak anak bermain yang diselingi musik supaya tidak bosan.

Selain menyenangi musik, anak juga kian aktif dan butuh pengasuhan ketat. Jika ibu bekerja, maka Anda harus mencari cara agar anak tetap dirawat dan diasuh dengan tepat oleh orang lain, termasuk kakek nenek, anggota keluarga lain, pengasuh khusus, atau dititipkan di daycare atau pra-sekolah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba saat mencari alternatif bantuan mengasuh anak:

  • Minta referensi daycare atau tenaga pengasuh dari teman, rekan kerja, atau kerabat, supaya Anda bisa mendapatkan tenaga pengasuh yang berkualitas
  • Saat mendapatkan tenaga pengasuh, ajukan pertanyaan seputar pengalamannya mengasuh anak balita, misalnya lama bekerja, riwayat kesehatan dan vaksinasi, cara bermain dengan anak, dan sebagainya.
  • Gunakan insting Anda saat mewawancarai calon tenaga pengasuh atau saat berkeliling melihat daycare. Jika perasaan Anda tidak yakin, coba cari lagi pilihan lain.
  • Sebelum meninggalkan anak dengan pengasuh baru, jelaskan kepada pengasuh cara merawat anak, rutinitas sehari-hari, jadwal anak, dan apa yang harus dilakukan saat darurat. Tinggalkan juga nomor telfon Anda untuk dihubungi.
  • Saat memilih daycare atau pendidikan pra-sekolah, coba perhatikan interaksi staf dengan anak-anak. Idealnya, setiap kelas harus memiliki rasio anak berbanding guru sebanyak 1:3.
  • Libatkan kakek dan nenek dalam perkembangan usia 20 bulan ini, termasuk untuk membantu memonitor tenaga pengasuh baru dan bermain dengan cucu.

Pada perkembangan anak 20 bulan, umumnya tidak akan ada banyak masalah perilaku anak yang serius. Beberapa kasus wajar seperti tidak ingin makan mungkin disebabkan karena anak sudah kenyang dan tidak ingin dipaksa. Sedangkan jika anak suka menjerit atau merengek, jangan gunakan hukuman fisik kepadanya. Orangtua dianjurkan untuk menerapkan timeout atau jeda sejenak supaya anak bisa berintrospeksi diri. Selain itu, singkirkan mainan atau ambil barang kesayangan bayi sebagai konsekuensinya. Cara-cara ini lebih aman dan efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk bayi.

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*