Ragam Manfaat Daun Tapak Liman bagi Kesehatan Tubuh

Tanpa Anda sadari, tanaman yang mudah ditemukan di pinggir sawah ini, tapak liman memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Terutama pada bagian daun tapak liman, yang telah dipercaya oleh kaum Adam mampu meningkatkan libido secara efektif.

Dalam bahasa Latin, tanaman tapak liman (Elephantopus Scaber L) tergolong dalam jenis tumbuhan rimpang yang dapat menjalar hingga ketinggian 10-80 cm. Anda dapat mengenali tanaman ini dari ciri khasnya yang berupa daun berkumpul pada bagian bawah batang, sehingga terlihat seperti membentuk roset. Daun tapak liman berbentuk daun jorong dengan panjak berkisar 3-8 cm dan lebar 1-6 cm dan memiliki permukaan agak berambut.

Sebenarnya, sudah banyak penelitian, baik dari dalam maupun luar negeri yang membuktikan khasiat dari daun tapak liman sebagai obat herbal alternatif untuk kesehatan. Namun, penelitian tersebut masih terbatas pada tahap awal dan masih membutuhkan penelitian lebih jauh untuk mengonfirmasi hasil penelitian tersebut.

Apa saja manfaat daun tapak liman?

Daun tapak liman mengandung beragam zat, seperti stigmasterol, flavonoid luteolin-7-glukosida, elephantopin, deoxyelephantopin, isodeoxyelephantopin, lupeol, lupeol acetat, dotriacontan-1-ol, dan lainnya. Kandungan tersebut dipercaya dapat memberikan manfaat, seperti:

  • Meredakan penyakit kulit, terutama yang disebabkan oleh jamur.
  • Melancarkan proses air kecil (diuretik).
  • Mengatasi penyakit malaria (manfaat utama berada pada bagian akar).
  • Mengobati sariawan.
  • Mengurangi berbagai gejala penyakit batuk, bahkan meredakan demam.
  • Mengatasi diare
  • Membantu melancarkan pernapasan, seperti akibat sakit asma atau penyakit paru-paru lainnya

Cara mengolah daun tapak liman sebagai obat herbal umumnya dilakukan dengan merebus dan meminum air rebusannya tersebut. Di samping itu, beberapa orang mengolah daun tapak liman sebagai hidangan selayaknya makanan pecel.

Fungsi daun tapak liman untuk meningkatkan libido pria, benarkah?

Dalam sebuah penelitian, seperti yang dipublikasi oleh Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, memang benar bahwa daun tapak liman terbukti dapat meningkatkan libido pada pria. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan ekstrak tanaman tapak liman pada hewan percobaan terhadap mencit (tikus percobaan). Selanjutnya, peneliti membandingkan hewan percobaan yang telah diberikan ekstrak tersebut dengan mencit normal.

Manfaat ini diduga diperoleh dari kandungan stigmasterol yang ada di dalam tanaman tapak liman. Zat stigmasterol ini termasuk dalam jenis fitosterol atau sejenis dengan kolesterol yang ada pada tumbuhan.

Efek dari stigmasterol pada pria dipercaya dapat membantu produksi hormon progesteron, meningkatkan gairah pria, dan melancarkan peredaran darah ke penis yang kemudian dapat mempermudah proses ereksi. Adanya manfaat ini membuat daun tapak liman disebut sebagai Viagra Jawa karena telah dipercaya sebagai obat kuat tradisional yang efektif.

Adakah efek samping dari daun tapak liman?

Sejauh ini, diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi daun tapak liman dapat memicu risiko terkena serangan jantung, terutama bagi orang yang sebelumnya memiliki Riwayat terkena penyakit jantung.

Selain itu, kandungan fitosterol dalam daun tapak liman juga terhitung cukup tinggi. Bagi pasien fitosterolimia atau sitosterolemia, diwajibkan untuk berhati-hati jika ingin mengonsumsi daun tapak liman. Fitosterol juga dapat menyebabkan jantung terisi penuh oleh plak, sehingga meningkatkan risiko terkena stroke.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*