saus terburuk bagi tubuh

7 Saus Terburuk yang Membahayakan Tubuh

Saus memang menambah cita rasa tersendiri pada setiap makanan yang kita santap. Namun, tahukah Anda beberapa saus ternyata memiliki kandungan yang tak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut daftar lengkap mengenai saus terburuk untuk kesehatan yang dapat membantu Anda.

  • Creamy Salad Dressings

Dressing salad krim ini tinggi akan kalori, lemak jenuh, dan natrium yang berasal dari mayones, minyak murah, serta keju. Mengonsumsi 2 sendok makan saja sudah membuat Anda menerima sebanyak 150 kalori.

Jadi, ada baiknya bila mengganti cream dengan dressing berbasis tahini atau minyak zaitun. Tahini sendiri kaya akan mineral seperti kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

  • Mayones

Mayones umumnya terbuat dari minyak kedelai, kuning telur, serta cuka yang penuh dengan kandungan lemak jenuh. 2 sendok makanannya bisa menghasilkan 100 kalori yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bila ingin mencari penggantinya, Anda dapat mengonsumsi yogurt.

Yogurt memiliki berbagai kandungan menyehatkan seperti protein dan kalsium. Jangan lupa tambahkan pula perasan air lemon, garam, dan merica agar rasanya semakin menyegarkan.

  • Kecap

Biasanya saus kedelai yang tidak diseduh akan diproses melalui tahapan kimia selama beberapa hari dengan beberapa bahan tambahan. Tambahannya terdiri dari protein nabati terhidrolisir, pengawet buatan hingga warna karamel. Bila mencari bumbu bebas gluten, kecap tentunya bukan pilihan bijak.

Kecap mengandung 40% sampai 60% gandum. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih tamari bebas gluten san-j yang dibuat dari 100% kedelai nontransgenik. Artinya bebas gandum, tanpa bahan perasa, pengawet, serta pewarna buatan.

  • Madu Botolan Murah

Apakah Anda terbiasa membeli madu botolan murah di toko kelontong? Bisa jadi madu tersebut telah dicampur dengan sirup jagung fluktosa berkadar tinggi. Madu campuran sudah kehilangan manfaat antibakteri dari madu alami.

Selain itu, madu yang dibeli di toko mungkin juga sudah tidak mengandung serbuk sarinya. Itulah mengapa, bila ingin menikmati antioksidan tinggi dan menurunkan peradangan pastikan untuk membeli madu asli 100% dari koperasi atau petani lokal.

  • Saus Burger

Dengan kandungan 4 gram gula pada setiap sendok makannya, hal ini seperti menambahkan 1 sendok teh gula ke dalam burger Anda. Selain itu, garam yang berlebih untuk mengimbangi rasa manis seperti bau asam dari acar mengandung berbagai zat yang tak baik bagi kesehatan tubuh.

Bila mencari alternatif lain, Anda bisa menggunakan mustard sebagai pengganti. Dalam mustard sendiri terdapat kandungan phytochemical yang bisa mencegah dan melawan kanker.

  • Saus teriyaki

Saus teriyaki yang sering kita nikmati memang terkenal dengan kelezatannya. Namun, perlu juga Anda tahu bahwa saus ini cenderung dibuat dengan sirup jagung fruktosa berkadar tinggi serta berlimpah natrium.

Hanya dengan 2 sendok makan saus teriyaki, Anda sudah bisa melewati ambang batas sodium harian. Untuk memperoleh rasa “umami” yang gurih tanpa gula, gunakan miso  rendah sodium organik yang baik bagi kesehatan.

  • Salad kol

Kubis dan wortel yang ada dalam salad harusnya menyehatkan, bukan? Namun sayangnya anggapan ini salah besar. Dalam seporsi salad kol dipenuhi dengan saus mayones yang memiliki banyak kandungan lemak jenuh.

Sedangkan dalam setengah cangkirnya terdapat 150 kalori yang akan masuk ke dalam tubuh. Sebagai alternatif, pilihlah sauerkraut yang menawarkan manfaat luar biasa karena sudah difermentasi.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*