Waspadai Makanan-Makanan Penyebab Bau Badan Ini

Bau badan memang menjadi mimpi buruk hampir seluruh kalangan manusia. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat penderitanya kehilangan kepercayaan diri. Bau badan juga bisa membuat atau menimbulkan beberapa masalah sosial, seperti pengucilan atau perundungan. Nah, dari sekian banyak penyebab bau badan, ternyata makanan yang kita konsumsi punya andil juga, lho.

Lantas apa saja, sih, bahan-bahan makanan yang dapat membuat bau badan menjadi tidak sedap? Berikut ulasannya:

  1. Bawang Putih

Bumbu dasar yang selalu ada di dalam setiap makanan ini disebut-sebut dapat menyebabkan bau badan menjadi kurang sedap. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki zat yang disebut dengan allicin. Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengeruhi aroma keringat Anda.

  • Rempah-Rempah

Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Selain bawang putih yang telah disebut di awal, contoh rempah yang dimaksud adalah bawang merah dan kari.

  • Daging Merah

Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa bikin badan Anda punya bau badan kurang sedap. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Sense, menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara terus-terusan dalam waktu dua minggu, memiliki bau badan yang tak sedap. Walaupun begitu, belum diketahui berapa banyak jumlah daging merah yang dikonsumsi yang bisa menjadi penyebab bau badan.

  • Makanan yang Mengandung Sulfur

Makanan yang mengandung zat sulfur, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, termasuk makanan penyebab bau badan. Pasalnya zat sulfur yang ada di dalam makanan tersebut akan diserap oleh tubuh kemudian menyebabkan peningkatan jumlah keringat dan memengaruhi aroma keringat maupun napas Anda.

  • Makanan Pedas

Anda penyuka makanan pedas? Jika iya, hati-hati, bisa saja Anda sebenarnya punya bau badan yang kurang sedap tetapi Anda tak menyadarinya. Lagi-lagi, makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat. Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas, tubuh Anda akan berkeringat.

  • Makanan yang Mengandung Kolin

Makanan yang kaya kolin memberikan bisa membuat keringat Anda seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini mudah, “berbau amis.” Contoh makanan tersebut adalah telur, hati, ikan, dan kacang-kacangan.

  • Goreng-gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

  • Makanan Olahan dan Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam atau gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

  • Makanan Berserat

Makanan yang tinggi atau rendah serat sama-sama membuat tubuh mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Pasalnya, makanan berserat mengandung metana, karbon dioksida dan hidrogen yang bersifat menghasilkan gas ketika dicerna.

  1. Alkohol dan Kafein

Konsumsi alkohol juga dapat membuat aroma tubuh menjadi tidak sedap. Alkohol dapat menghambat fungsi tubuh dalam memproduksi keringat sehat. Selain itu, minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) juga bisa membuat bau badan menjadi tidak sedap. Oleh karenanya, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

  1. Produk Susu

Susu memang menyehatkan, tetapi konsumsi berlebihan dari produk susu ternyata kurang baik bagi aroma mulut dan tubuh. Pasalnya, produk susu yang kaya protein ketika dipecah dalam perut Anda akan menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau busuk. Untuk meminimalisir efeknya, segera konsumsi air putih setelah minum susu atau makan keju.

Selain yang disebutkan di atas, jika Anda merupakan orang yang tidak gemar memakan sayuran hijau, sebaiknya mulai waspada. Sebab, tubuh Anda tidak mendapat asupan zat yang disebut Chlorophyllin dibanding mereka yang gemar makan sayuran.

Chlorophyllin adalah suatu zat yang ditemukan pada tumbuhan dan sudah digunakan sebagai deodoran melalui konsumsi oral pada medio abad ke-20. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat menyegarkan tubuh dan mencegah bau badan. Jadi, mungkin saja bau badan yang Anda alami akibat kurang dari konsumsi chlorophyllin ini.

***

Dengan menghindari bahan-bahan makanan penyebab bau badan yang telah disebutkan di atas, mungkin Anda akan meminimalisir mimpi buruk tersebut. Dengan begitu, untuk memastikan badan Anda tidak menguarkan bau tak sedap, ada baiknya Anda mulai memerhatikan pola konsumsi dan mulai perbanyak minum air putih.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*