Yang Perlu Anda Ketahui Soal Penyakit Febris

Febris, atau dikenal dengan demam, merupakan sebuah kondisi di mana suhu tubuh lebih tinggi dari normal. Rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celsius. Namun, suhu tubuh Anda dapat lebih tinggi atau lebih rendah dari angka tersebut, dan dapat berubah-ubah sepanjang hari. Perubahan suhu tubuh tersebut beragam, tergantung usia dan seberapa aktif Anda kala itu, dengan suhu tubuh dapat mencapai angka tertinggi di sore hari. Saat suhu tubuh lebih tinggi dari normal, ada kemungkinan tubuh sedang dalam proses melawan infeksi. Pada orang dewasa dan anak-anak, seseorang dikatakan menderita febris apabila suhu tubuh mereka lebih dari 38 derajat. Artikel ini akan membahas demam atau febris dengan lebih mendalam.

Gejala demam

Gejala umum yang biasa dihubungkan dengan kondisi febris atau demam di antaranya adalah tubuh menggigil, rasa nyeri, sakit kepala, berkeringat, hilangnya nafsu makan, dehidrasi, dan tubuh teralasa lemah atau kurang energi.

  • Kejang demam pada anak

Anak-anak usia 6 bulan dan 5 tahun dapat menderita kejang demam. Kejang ini dapat terjadi apabila suhu tubuh sangat tinggi. Sekitar satu dari tiga anak yang memiliki kejang demam akan menderita hal serupa di kemudian hari. Biasanya, kejang demam akan hilang saat anak tumbuh dewasa. Bagi orangtua, kejang demam pada anak akibat febris dapat menjadi sebuah pengalaman yang menakutkan. Apabila hal ini terjadi, tindakan perawatan pertama adalah dengan memastikan anak berbaring pada sisi tubuh, jangan letakkan benda apapun pada mulut anak, dan carilah bantuan medis secepatnya apabila kejang demam terjadi.

  • Demam rendah dan demam tinggi

Apabila suhu tubuh orang dewasa dan anak naik sedikit (di antara 37,1 hingga 38 derajat Celsius), kondisi tersebut disebut dengan demam tingkat rendah. Sementara itu, apabila suhu oral orang dewasa lebih dari 39,4 derajat Celsius, dan suhu dubur anak usia lebih dari 3 tahun mencapai 38,9 derajat Celsius, kondisi ini disebut dengan demam tinggi dan Anda perlu mencari bantuan medis secepatnya. Selain itu, apabila bayi berusia di bawah 3 tahun dan memiliki suhu dubur 38 derajat Celsius atau lebih, hubungi dokter.

  • Saat demam mereda

Saat febris mulai mereda, suhu tubuh akan kembali ke normal (biasanya di angka 37 derajat Celsius). Saat hal ini terjadi, Anda akan mulai berkeringat.

Perawatan pada orang dewasa dan anak

Dalam kasus febris rendah, menurunkan tubuh terlalu cepat bukanlah sebuah ide yang tepat. Munculnya demam dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi di dalam tubuh. Namun, apabila demam tinggi terjadi dan menganggu aktivitas,  beberapa jenis perawatan seperti antibiotik dan obat-obatan OTC dapat membantu. Contoh obat-obatan OTC di antaranya adalah ibuprofen dan acetaminophen. Obat ini dapat membantu mengatasi nyeri dan menurunkan suhu tubuh. Dokter akan meresepkan antibiotik apabila Anda memiliki infeksi bakteri yang menyebabkan demam. Namun, antibiotik tidak efektif untuk melawan demam yang disebabkan karena infeksi virus.

Selain obat-obatan tersebut di atas, Anda dapat menurunkan febris dengan cukup istirahat dan minum banyak air. Demam dapat membuat tubuh dehidrasi, sehingga pastika Anda minum banyak air, jus, ataupun sup kaldu. Memastikan tubuh tetap dingin (dengan memakai pakaian yang ringan dan menjaga lingkungan tetap dingin) juga dapat membantu menurunkan febris. Anda juga dilarang melakukan berbagai aktivitas fisik berat yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*